Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Livi Zheng, Dosen di Almamater

Kompas.com - 21/03/2017, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Baru beberapa bulan menyelesaikan pendidikan S-2 produksi film di Amerika Serikat, sineas Livi Zheng (27) ditawari menjadi dosen di almamaternya, University of Southern California.

Setelah berpikir panjang, sutradara Brush with Danger—film yang masuk daftar layak pilih untuk Academy Awards ke-87—itu mengiyakan.

"Jadilah aku sekarang dosen tidak tetap di University of Southern California (USC). Selain di USC, aku juga dosen tidak tetap di Los Angeles City College, New York Film Academy, dan Chapman University," ujar putri dari pasangan Gunawan-Lucy itu, Sabtu (18/3/2017).

Perempuan kelahiran Malang, Jawa Timur, yang bermukim di AS, itu mengatakan, sebagai dosen ia harus lebih rajin belajar dibandingkan dengan mahasiswanya.

"Kalau aku terus berkarya, kan, jadi ter-update ilmu dan pengetahuan aku, juga teknologi dan peraturan baru perfilman. Aku juga sering bertemu dengan para pembuat film sehingga bisa tukar pikiran, selain ke pameran dan workshop, mempelajari hal-hal baru," kata Livi.

"Sutradara, apalagi dosen, memang harus mengikuti kemajuan teknologi dan selalu meng-update apa saja terkait dengan film," kata Livi, yang empat-lima kali seminggu nge-gym selama dua jam agar tetap bugar dan segar. (HAR)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 21 Maret 2017, di halaman 32 dengan judul "Dosen di Almamater".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com