Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mira Lesmana Persiapkan Film tentang Chairil Anwar

Kompas.com - 21/03/2017, 20:49 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser Mira Lesmana mengatakan tahun depan dirinya akan membuat sebuah film tentang kisah hidup penyair Chairil Anwar.

"Kita akan shooting tahun depan, 2018. Insya Allah," kata Mira saat ditemui pada jumpa pers Indonesian Box Office Movie Awards 2017 di Senayan City, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017).

 

Mira mengatakan keinginan untuk membuat film tentang Chairil Anwar sudah ada sejak lama.

"Dari semenjak Rangga (tokoh film Ada Apa Dengan Cinta?) megang buku 'Aku'-nya Chairil Anwar itu sebenernya udah pengin, tapi cuma butuh waktu aja," ungkap Mira.

Mira mengungkap saat ini proyek film Chairil Anwar tersebut sedang dalam tahap pematangan cerita. Pemeran utamanya pun belum dipilih.

"Kita mau siapa pun aktornya (harus) casting dulu. Ceritanya masih terus kita tajamkan. (Unsur) dramanya pasti kita perhatikan," lanjut Mira.

Rencana pembuatan film tentang Chairil Anwar itu sebelumnya diungkap oleh rekan Mira, Riri Riza.

"Sebenarnya kami rencanakan (memproduksi film) Chairil Anwar," kata Riri saat ditemui Kompas.com pada pemutaran perdana film Interchange di Jakarta pada 23 Februari 2017.

Ketika itu Riri mengatakan, film tentang Chairil Anwar itu memerlukan masa persiapan yang panjang.

[Baca: Riri Riza Akan Angkat Kisah Hidup Chairil Anwar ke Layar Lebar]

Sebagai informasi, Chairil Anwar mulai terkenal dalam dunia sastra sejak puisinya yang berjudul Nisan dimuat pada 1942. Ketika itu usianya masih 20 tahun.

Karya-karya puisinya bermuatan pemberontakan, kematian, individualisme, dan eksistensialisme.

Namun, pada usia 27 tahun Chairil Anwar tutup usia karena penyair tifus dan paru-paru. Selama hidupnya ia telah Selama hidupnya, Chairil telah menghasilkan 70 karya puisi. Salah satu yang paling terkenal adalah "Aku".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com