Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan Jazz Festival 2017 Siap Digelar

Kompas.com - 24/05/2017, 23:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bersama WartaJazz - sebuah ekosistem Jazz Indonesia - siap menggelar acara Ramadhan Jazz Festival 2017 (RJF) memasuki Bulan Ramadhan 1438 H ini.

Acara tahunan yang sudah memasuki tahun ketujuh ini akan digelar pada tanggal 9 sampai 10 Juni 2017 mendatang bertempat di Plaza Masjid Cut Meutia Menteng dengan rangkaian acara dimulai sejak usai shalat ashar.

Project Officer The 7th Ramadhan Jazz Festival 2017, M Derisman Nugraha di Jakarta, Rabu (24/5/2017), mengatakan bahwa sebelum acara utama, akan digelar juga beberapa rangkaian acara bertajuk Youth Creative Exhibition yang bertempat di Taman Menteng pada 3 Juni 2017.

Pada acara tersebut akan diselenggarakan audisi band, audisi tari saman, dan pameran seni yang kelak akan ditampilkan pada acara utama nanti.

Selain itu ada juga kegiatan sosial bersama komunitas 1000 Guru yang akan fokus pada masalah pendidikan.

"Kami sebagai remaja masjid yang peduli terhadap pendidikan dan isu sosial merasa perlu menciptakan suatu wadah untuk membantu menunjang sarana dan prasarana demi terciptanya pendidikan yang baik," kata Derisman.

Alasan ini pula yang membuat RICMA bersama Wartajazz memanfaatkan momen Ramadhan ini sebagai upaya untuk meramaikan bulan Ramadhan dengan kegiatan sosial yang bersifat edukatif.

"Pada acara Ramadhan Jazz Festival ini, dana yang kami dapatkan dari para pengunjung akan didonasikan dalam bentuk paket sumbangan pendidikan seperti alat tulis, seragam, dan alat- alat sekolah untuk Madrasah Ibtidaiyah Hidayatysshibyan di Tangerang," kata dia.

Menurut catatan panitia, acara The 6th Ramadhan Jazz Festival 2016 yang digelar tahun lalu berhasil mengumpulkan 68 kantong darah yang disalurkan kepada PMI serta dana infaq mencapai Rp 32 juta yang berasal dari tiket masuk (donasi) pengunjung.

Selain kegiatan sosial yang dikemas dengan festival musik, Ramadhan Jazz Festival juga tak melupakan unsur dakwah di dalamnya.

"Saya senang dan bangga menjadi bagian dari Ramadhan Jazz Festival. Terdapat rasa kepuasan yang berbeda setiap menjalankan Ramadhan Jazz Festival ini setiap tahunnya. Saya banyak belajar dari sini dan merasakan bahwa pertolongan Allah SWT itu nyata," kata dia.

Sementara Agus Setiawan Basuni, selaku Artistic Director dan penggagas RJF mengungkapkan, RJF merupakan sebuah ikhtiar dari WartaJazz untuk anak-anak muda Indonesia.

"Sebuah program Jazz yang memperkaya khasanah musik (jazz) dunia. Hendaknya kita melihat ini sebagai sebuah proses, bukan hasil akhir," ucap Agus.

Dalam acara Main Event The 7th Ramadhan Jazz Festival tahun ini ditargetkan akan mendatangkan lebih banyak partisipan dan pengunjung serta dihadiri oleh tokoh- tokoh ternama, baik dari pengisi acara, tokoh politik, masyarakat, serta duta besar dari negara- negara sahabat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com