Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Album Solo G-Dragon Tuai Perdebatan, Ini Kata YG Entertainment

Kompas.com - 16/06/2017, 11:59 WIB
Sintia Astarina

Penulis

Sumber soompi.com

KOMPAS.com – Personel boyband BIGBANG, G-Dragon, baru meluncurkan album solo self-titled, Kwon Ji Yong.

Uniknya, album dikemas dalam bentuk USB, bukan CD seperti album musik kebanyakan.

Rupanya, bentuk album milik G-Dragon ini menuai perdebatan karena Gaon Chart, sebuah tangga lagu di Korea, menolak karya tersebut dikategorikan sebagai album.

Mereka mengumumkan bahwa mereka tidak akan menyertakan Kwon Ji Yong dalam penghitungan penjualan album.

Gaon Chart menyebut album dalam bentuk USB itu bukanlah album karena tidak berisi track lagu, tetapi hanya berisi link di mana nantinya penggemar bisa mengunduh lagu-lagu tersebut dengan memasukkan key code spesial.

Dalam kesempatan ini, pihak agensi YG Entertainment pun merespon penolakan Gaon Chart.

“Sebenarnya, kami tidak memiliki perselisihan besar atau masalah dengan bagaimana Gaon Charts memutuskan untuk menghitung penjualan. Kami lebih tertarik dengan musik dan dunia yang baru” kata YG Entertainment seperti dilansir Soompi.

“Bagaimana pun juga, kami berpikir bahwa yang menjadi masalah adalah cara berpikir mereka yang lama itu, yang tidak bisa bertahan dengan perubahan-perubahan di generasi sekarang. Kami tidak mengerti mengapa mereka ingin membatasi penjualan musik offline dengan CD saja,” sambung mereka.

Dengan tidak disertakannya album Kwon Ji Yong dalam penjualan album di tangga lagu Gaon, akibatnya akan berdampak pada sejumlah peringkat di beberapa tayangan musik di Korea.

Misalnya Inkigayo yang tayang di SBS dan Show! Music Core yang tayang di MBC, yang mana keduanya berpatokan pada Gaon chart.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber soompi.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com