Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jubing Kristanto, Musik Pengantar Sakratulmaut

Kompas.com - 16/02/2008, 06:01 WIB

JAKARTA, SABTU--Suatu hari, gitaris yang belum lama ini merilis album instrumentalia solo gitar berjudul Becak Fantasy ini mendapat email dari seorang pria di Afrika Selatan. Pengirim email itu, selain ingin berkenalan juga ingin bercerita tentang ayahnya yang sudah meninggal.

"Katanya, ketika sakit keras dan kondisinya sudah sangat kritis, sang ayah terus gelisah. Dikasih obat tak mempan, malah membuat ayahnya kejang-kejang." Jubing menceritakan isi email dari pria asal Afrika Selatan itu.

"Entah dari mana datangnya ide itu, serta merta sang anak mengambil handphone yang berisi lagu-lagu saya hasil download dari internet. Setelah diperdengarkan, ternyata itu membuat si ayah jadi tenang," ungkap pria berusia 42 tahun ini seraya menyebutkan lagu yang diperdengarkan oleh sang anak kepada ayahnya berjudul Amelia dan Song for Renny.

Lagu Amelia adalah lagu anak-anak yang diaransemen untuk solo gitar, sedang Song for Renny adalah lagu romantik ciptaan lelaki asal Semarang yang telah empat kali menjadi juara gitar tunggal nasional (1987, 1992, 1994, dan 1995) serta runner up Asia Tenggara (1984) untuk istrinya, Renny.

Akhir kisah, usai mendengarkan dua lagu tersebut, ayah lelaki Afrika Selatan itu meninggal dunia dalam damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com