Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titi Sjuman Enggak Mau Ngetop

Kompas.com - 30/03/2008, 02:26 WIB

JAKARTA, MINGGU--Diumumkannya nama Titi Sjuman (27) sebagai peraih Piala Layar Emas cukup mengejutkan hadirin di acara Indonesia Movie Awards (IMA) 2008 di Plennary Hall, JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (28/3) malam.

Senyum Titi mengembang saat dia menerima penghargaan sebagai Aktris Pendatang Baru Terbaik. Sebagian besar hadirin, termasuk wartawan pun bertanya-tanya: siapakah gerangan wanita berparas manis yang malam itu mengenakan gaun panjang warna hitam itu? Apakah dia masih memiliki hubungan keluarga dengan legenda penyair dan sutradara  Sjuman Djaya (alm)?

"Saya adalah menantu Sjuman Djaya. Suami saya Aksan Sjuman," kata Titi memperkenalkan diri saat ditemui wartawan seusai menerima penghargaan.  Aksan Sjuman yang disebutnya tak lain adalah Wong Aksan, mantan drummer Dewa 19. Titi telah memiliki seorang anak bernama Miyake Shakuntala (2), buah pernikahannya dengan Wong Aksan pada 15 Agustus 2004.

Aksan adalah guru Titi ketika masih belajar menabuh drum. "Dia juga idola saya," ucapnya malu-malu. Tingginya frekuensi pertemuan antara Titi dan Aksan rupanya memunculkan benih-benih cinta hingga akhirnya mereka menikah. Pasangan musikus itu lalu sering mendapat tawaran untuk membuat ilustrasi musik pada film, di antaranya film The Photograph dan 6:30.

Kepiawaian Titi bermain drum menarik perhatian band-band ternama. Banyak tawaran untuk bergabung namun ditolak Titi. "Saya enggak ingin ngetop. Saya hanya mau dikenal sebagai artis yang sesungguhnya, yang hidup dengan karya seninya, bukan artis yang selebriti," kata Titi yang pernah kecewa karena batal duet bersama grup kondang asal Amerika Serikat, The Manhattan Transfers, di Java Jazz 2008.

Sementara itu, penghargaan dari IMA 2008 itu diraih berkat aktingnya dalam film Mereka Bilang, Saya Monyet!. Ceritanya diangkat dari novel berjudul sama karya Djenar Maesa Ayu. Djenar adalah ipar Titi.

Awal keterlibatannya di dunia akting itu adalah ketika Djenar menawarinya main film Mereka Bilang, Saya Monyet! Film itu disutradarai oleh Djenar sendiri. Titi memerankan tokoh Ajeng. "Film itu agak vulgar, tetapi tidak terkesan jorok," katanya. Dia mengungkapkan, dirinya belajar akting lewat teater saat masih kecil.

Akting diakui Titi sebagai dunia baru baginya, meskipun dia sering terlibat dalam pembuatan musik untuk sejumlah film layar lebar. Selama ini, wanita berambut panjang itu lebih dikenal sebagai musikus dan dosen jurusan drum, ritmik, serta ansamble di Institut Musik Daya di Kemang, Jakarta Selatan. Dia mengajar setiap Selasa dan Rabu. Dalam kesehariannya, dia mengaku selalu berpenampilan maskulin.

"Ini kostum samaran saya. Saya pakai atas permintaan suami. Biasanya, saya sangat maskulin. Enggak ada yang menyangka kalau saya ini pemain drum," katanya tentangi penampilannya malam itu. (kin)

Data Titi Sjuman:
Nama Lengkap              : Titi Handayani Rajo Bintang
Tempat tanggal lahir       : Jakarta, 10 Februari 1981
Pekerjaan                      : Pengajar drum di Institut Musik Daya
Filmografi                      : Mereka Bilang, Saya Monyet!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com