Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angelina Jolie Dorong Pendidikan Anak Irak

Kompas.com - 09/04/2008, 17:09 WIB

WASHINGTON, RABU--Aktris dan aktivis hak asasi manusia Angelina Jolie, Selasa, mendesak masyarakat internasional untuk menjadikan pendidikan anak-anak Irak sebagai prioritas yang lebih besar. "Cara terbaik untuk mengobati anak-anak konflik yang menghadapi trauma adalah membuat mereka memusatkan perhatian pada masa depan mereka," kata Jolie.

Jolie, yang mengunjungi Irak pada Agustus, membahas cara membantu anak-anak Irak yang kehilangan tempat tinggal agar dapat memiliki kembali perasaan normal dan kestabilan melalui pendidikan.

Pendidikan anak-anak pengungsi tersebut sering menjadi korban kekacauan dan kerusuhan politik, kata Gene Sperling, penasihat ekonomi mantan presiden Bill Clinton--yang secara bersama memimpin "Education Partnership for Children of Conflict" bersama Jolie. "Setiap anak memiliki hak bagi pendidikan dan konflik bukan alasan untuk mengabaikan itu," kata Jolie.

Aktris Hollywood tersebut telah mengunjungi lebih dari 20 tempat krisis kemanusiaan, termasuk Irak dan wilayah Darfur di Sudan, sejak menjadi Duta Besar Muhibah PBB pada 2001.

Perang Irak telah menghasilkan 4,5 juta pengungsi dan orang yang kehilangan tempat tinggal di dalam negeri mereka. Di antara mereka yang telah meninggalkan negeri itu, sebanyak 1,5 juta orang sekarang berada di negara tentangga Irak, Suriah, sementara ratusan ribu orang telah ditempatkan kembali ke Jordania dan Lebanon.

Ketua acara itu menyarankan pembangunan gedung sekolah tambahan dan penyediaan buku pelajaran di dalam Irak serta mendesak diberikannya dukungan lebih banyak bagi pemerintah yang menampung pengungsi Irak.

Suriah dan Jordania telah meregangkan anggaran terbatas mereka untuk mendidik sebagian anak Irak, tapi mereka memerlukan bantuan untuk mengakomodasi arus pelajar yang sangat besar, kata George Rupp, Presiden dan Pemimpin Pelaksana di "International Rescue Committee". (ANTARA/Reuters)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com