Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpak Benarkan Status Efiliani

Kompas.com - 21/04/2008, 23:02 WIB

BOGOR, SENIN-Efiliani Yonata, wanita muda yang tertangkap petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama anggota DPR RI Al-Amin Nur Nasution di areal parkir Hotel Ritz Carlton, Jakarta,  dua pekan lalu, adalah benar mahasiswa Universitas Pakuan (Unpak) Bogor.

Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unpak, Asri  membenarkan, Afiliani Yonata (Efil) adalah mahasiswa semester IV Program D3 Perpajakan Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan (Unpak), tapi pada smester ini sedang cuti.

"Mahasiswa Unpak seluruhnya ada sekitar 10.000 orang, beberapa di antaranya sedang cuti. Keberadaan mahasiswa di kampus rata-rata hanya sekitar empat jam per hari, selebihnya sekitar 20 jam berada di luar kampus. Kita tidak bisa mengontrol satu persatu apa saja yang dilakukan setiap mahasiswa di luar kampus," kata Asri di Bogor, Senin (21/4).

Dijelaskannya, Efil sedang cuti pada semester ini, sehingga tidak ada pelayanan akademik. Apalagi kegiatannya di luar kampus, pihak kampus tidak bisa mengontrol dan mengetahuinya.
Soal pemberitaan media massa yang memberitakan Efil tertangkap bersama anggota DPR-RI Al-Amin Nur Nasution di Hotel Ritz Carlton Jakarta, dua pekan lalu, apalagi ada pemberitaan yang menyebutnya sebagai pekerja seks komersial (PSK), menurut Asri, pihak kampus akan melakukan klarifikasi terhadap yang bersangkutan. "Saat ini kami baru mengetahui dari pemberitaan di media massa, nanti Fakultas akan memanggilnya untuk melakukan klarifikasi apa yang sebenarnya dilakukannya," katanya.

Menurut dia, landasan hukum di Indonesia adalah praduga tak bersalah, sehingga tidak bisa langsung menyimpulkan sebelum  ada bukti-bukti kongkrit. Diakuinya, Unpak sering diterpa isu negatif, tapi prestasi yang dicapai Unpak tidak pernah menjadi perhatian orang.

Sebelumnya, Efil dan rekannya Arya Perdana melakukan jumpa pers di sebuah rumah makan Padang di Jakarta, pada Minggu (20/4) untuk mengklarifikasi pemberitaan media massa. Dalam jumpa pers tersebut, mahasiswa angkatan tahun 2006 ini mengatakan, dirinya bukan PSK dan dirinya tidak mengenal Al-Amin Nur Nasution.

Pada saat Al-Amin Nur Nasution ditangkap oleh petugas KPK di areal parkir Hotel Ritz Carlton Jakarta, pada Rabu (9/4) lalu, Afil mengaku ia hanya kebetulan bertemu dengan anggota fraksi PPP DPR-RI tersebut.  Efil mengaku, saat ini ia dengan teman prianya, Arya Perdana sedang mencari hiburan di Hotel Ritz Carlton Jakarta dan kebetulan bertemu dengan Al-Amin Nur Nasution di sana.

Sementara itu, Arya Perdana dalam jumpa pers tersebut mengakui, ia mengenal Al-Amin Nur Nasution sebagai teman dalam organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Ia bertemu dengan Al-Amin di Hotel Ritz Carlton saat itu, untuk bersilaturrahmi.(ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com