Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syaharani: Belajar Masak Berbekal Garam, Merica dan Kecap

Kompas.com - 08/05/2008, 17:32 WIB

SYAHARANI mengaku mengenal dunia memasak melalui ibunya yang jago memasak. Atas dorongan ibunda tercintanya, akhirnya penyanyi jazz ini belajar memasak meskipun hanya berbekal garam, merica, dan kecap untuk membuat oseng-oseng.

"Ibuku selalu bilang, kamu kan orang Indonesia harus tahu masak. Nah, aku kan orangnya tomboi, jadi cuma berbekal garam, merica, dan kecap, jadi deh oseng-oseng," ujar Syaharani sambil tertawa dalam acara peluncuran Festival Jajanan Bango (FJB) 2008 di Jakarta, Kamis (8/5). Penyanyi jazz terkenal ini mengaku sangat menyukai kecap sejak kecil karena rasanya yang manis dan nikmat.

"Aku paling suka kecap, dulu kan nasi tambah kecap tambah telur dadar, itu cukup buat makan," tambahnya. Syaharani mengakui bahwa Indonesia sangat kaya dengan warisan kuliner khas nusantara, termasuk kecap. Hal ini mendorongnya pula untuk menerima tawaran Kecap Bango untuk menjadi pembawa acara Bango Cita Rasa Nusantara (BCRN) yang mengharuskannya bersama Udjo Project Pop untuk road show ke berbagai daerah.

"Waktu pulang kemaren akhirnya saya coba lihat-lihat, ternyata di sepanjang jalan banyak makanan tradisional. Saya pikir kenapa ya kita tidak kembangkan kuliner tradisional kita yang banyak ini," ujarnya di depan para wartawan. Oleh karena itu, Syaharani menyambut baik rencana Kecap Bango untuk menyelenggarakan kembali FJB yang keempat kalinya untuk melestarikan kuliner khas Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com