Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rowling Lelang Tulisan Demi Sastra

Kompas.com - 29/05/2008, 21:58 WIB

LONDON, KAMIS--JK Rowling, penulis Inggris yang mengguncang dunia lewat novel serialnya maupun film yang diproduksi berdasarkan novel-novel serialnya itu, menulis prequel pendek dari buku populer karyanya, Harry Potter.

Tetapi, kisah yang hanya terdiri dari 800 kata itu tidak dipublikasikan. Sebab ia akan dijual dalam sebuah lelang amal di London bulan mendatang.

Rowling adalah satu di antara 13 penulis, termasuk Nick Hornby dan Doris Lessing--yang diminta menulis storycards oleh jaringan toko buku Waterstone lewat produknya yang diberi nama What Your Story?

Pada akhir kisah yang ditulisnya itu Rowling menulis dengan tulisan tangan: "Dari prequel ini saya tidak bekerja sungguh-sungguh, tetapi hanya untuk senang-senang saja."

Ke-13 kartu cerita itu akan dijual tanpa sebuah persiapan harga. Penulis lainnya yang terlibat dalam karya ini ialah Margaret Atwood, Lauren Child, Sebastian Faulks, Tom Stoppard dan Irvine Welsh.

Gerry Johnson selaku managing director Watersone mengatakan, "What's Your Story hanya untuk membuat gairah pembaca--karena berisi karya-karya brilian dari para penulis dan ilustrator hebat."

"Kami tidak pernah menyangka bahwa JK Rowling bersedia menyumbangkan sesuatu yang berharga. Kami tidak percaya dan kami mengucapkan banyak terimakasih buat dia."

Uang yang terkumpul dari penjualan ini akan disumbangkan kepada lembaga-lembaga yang mendorong pengembangan sastra seperti English PEN dan Dyslexia Action.

Pada Desember tahun lalu, karya terbaru Rowling yang berjudul The Tales of Beedle the Bard, laku seharga 1,95 juta ponds dalam sebuah lelang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com