Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nakula Award Untuk Chrisye

Kompas.com - 31/05/2008, 04:50 WIB

JAKARTA, SABTU -- Sebuah penghargaan diterima mendiang penyanyi legendaris Chrisye, pekan ini. Pelantun Lilin-lilin Kecil, yang wafat pada 30 Maret 2007 karena sakit kanker paru-paru yang dideritanya itu, diganjar penghargaan Sadewa Award, pada pemberiaan penghargaan  Pandawa Lima Award dari AIG Life. Pemilik nama asli Chrismansyah Rahadi itu, dianggap menyuarakan sikap bijaksana dan kearifan yang tidak hanya terefleksi dalam musik tapi juga kehidupannya.

Robert W. Bush, CEO dan Presiden Direktur AIG Life mengatakan penganugerahan Pandawa Lima Award diberikan kepada lima insan istimewa di Indonesia, yang dinilai memiliki dedikasi dan kerja keras di bidang yang mereka geluti selama ini.

Tak hanya kepada Chrisye, penghargaan Pandawa Lima Award juga diberikan pula kepada Sri Irianingsih dan Sri Rosiyati (Ibu Kembar), yang diberikan penghargaan Nakula Award, atas usahanya memberikan pendidikan gratis dengan mendirikan sekolah darurat bagi anak-anak terlantar. 

Sementara Yusdistira Award diberikan  kepada Slamet Riyadi, yang dinilai tekun membangun Lembaga Keuangan Mikro  untuk menolong perempuan-perempuan kurang mampu: dr. Ridwan Gustiana (Bima Award), yang kerap berada di garis depan saat menolong korban bencana dan Ita Budhi (Arjuna Award) atas ketangguhannya bersama rekan-rekan di Perempuan Indonesia Menapak Himalaya Untuk Lupus (Pimhul).
 
Penghargaan untuk Chrisye diterima kedua anak kembar almarhum Rainda Prashatya (Pasha) & Randa Pramasya (Masha), buah cintanya dengan G.F Damayanti Noor, mantan personel Noor Bersaudara, yang dinikahinya pada pada tahun 1982.

Rentang karier yang begitu panjang, telah menghantarkan Chrisye pada sebuah prestasi gemilang. Telah banyak penghargaan yang diraihnya. Sepulangnya Chrisye keharibaanNYA, ia juga sempat mendapatkan Piagam Penghargaan Pengabdian Panjang Di Dunia Musik Indonesia di ajang SCTV Music Awards 2007 lalu. 

"Alhamdulilah, bahwa suami saya masih dihargai. Kami hanya bisa berterima kasih," ujar Damayanti menanggapi penghargaan tersebut di Jakarta, kemarin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com