Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All New Honda Jazz Dipamerkan "Terselubung" di MTA

Kompas.com - 19/06/2008, 15:56 WIB

JAKARTA, KAMIS - Apa yang dibuka sedikit-sedikit selalu mengundang rasa penasaran. Mungkin ide ini juga yang menjadi pertimbangan PT Honda Prospect Motor (HPM) ketika memilih cara untuk memperkenalkan All New Honda Jazz. Ya, ribuan pengunjung Mall Taman Anggrek (MTA), sore ini (Kamis, 19/6) coba dibikin penasaran saat varian andalan terbaru Honda itu dipajang, tapi ditempatkan dalam kotak tertutup.  Loh?

Ya, untuk mengundang rasa penasaran toh? Lalu bagaimana melihatnya? Pada sisi boks cuma disediakan lubang-lubang kecil untuk mengintip. Dari situlah pengunjung bisa melihat sosok mobil ini. Dalam perkenalan awal All New Jazz  yang dilaksanakan bersamaan dengan pergelaran Jazz Tuning Contest 2008 ini, Presiden Direktur PT HPM Yukihiro Aoshima pun ikutan mengintip dari lubang ini.

Tentu saja penampakan mobil yang terkenal karena konsumsi bahan bakar yang irit itu tak akan terlihat jelas. Hanya bagian-bagian kecil mobil yang terlihat dari lubang itu. Ah, rasa penasaran tak mungkin terjawab kalau cuma ngintip. Beruntunglah para pemegang Honda priority card yang mendapat pengecualian. Sebutan prioritas jelas membuat perbedaan dengan pengunjung mall yang lain. Mereka dapat masuk ke dalam kotak untuk melihat dan bahkan menyentuh mobil anyar tersebut. Tak hanya itu,  mereka dapat langsung mengisi formulir pemesanan, dan kemudian akan diteruskan oleh PT HPM ke dealer Honda terdekat, untuk melakukan pembelian.

Lucunya, boks penutup mobil yang kabarnya menggunakan teknologi mesin baru dengan kombinasi teknologi i-DSI dan VTEC, yakni i-VTEC tersebut hanya ada pada keempat sisi saja. Artinya, bagian atas boks yang ditempatkan di atrium tengah MTA tidak tertutup. Rasa penasaran pengunjung bisa langsung terobati dengan naik ke lantai atas MTA dan melongok ke bawah. Dari sana akan terlihat sebuah All New Honda Jazz yang dipajang dengan diterangi beberapa lampu sorot.

All New Honda Jazz, yang secara resmi baru akan diluncurkan bertepatan dengan ajang Indonesia International Motor Show 11 – 20 Juli 2008. Namun menurut Marketing and After Sales Service Director PT HPM Jonfis Fandy, peluncuran awal All New Jazz yang sosoknya lebih panjang dari varian terdahulu ini akan dilaksanakan pada 27 Juni mendatang, di Plaza Senayan. Sosok lebih panjang? Ya, jarak as roda pada varian ini lebih panjang 50mm dari varian sebelumnya, menjadi 2.500mm. Dengan demikian, kabin pun akan menjadi lebih luas. Ruang kaki bagi penumpang di kursi belakang akan bertambah lega 40mm.

Sementara, untuk panel dan material dashboard disebutkan, All New Honda Jazz menggunakan bahan plastik yang lebih berkualitas, dengan panel-panel yang memjudahkan pengemudi untuk memantau operasional mobil. Pada bagian eksterior, meski tak terlalu tampak perubahan mencolok, Jazz baru memakai windscreen yang lebih panjang, yakni 120mm. Lalu, bagian clever triangular windows (bidang kaca segitiga pada pintu depan) menjadi lebih lebar besar. Hal itu terpengaruh panjangnya windscreen dibanding versi sebelumnya. Model ini sekaligus memungkinkan pengendara mendapatkan ruang pandang yang lebih luas.

Sayangnya, Jonfis belum mau mengungkapkan berapa harga jual kendaraan yang telah membuat heboh peminat otomotif tanah air sejak pertengahan tahun lalu dipamerkan pada ajang Tokyo Motor Show. Lalu apakah produk ini mampu mengulang sukses versi pendahulunya yang telah menjadi fenomena? Terlebih persaingan kini semakin ketat, di mana hampir semua produsen otomotif mempunyai varian sedan sub-kompak sebagai pesaing Jazz. Kita tunggu saja...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com