Jogja Art Fair FKY 2008 Dapat Sambutan Luar Biasa

Kompas.com - 20/06/2008, 23:53 WIB
Editor

YOGYAKARTA, JUMAT - Meskipun baru kali pertama diselengarakan, "Jogja Art Fair" (JAF), salah satu kegiatan dalam Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2008 cukup mengejutkan. Kegiatan seni ini mendapatkan sambutan luar biasa.

Koordinator JAF,  Heri Pemad, Jumat (20/6)  mengatakan, JAF baru pertama kali digelar di Yogyakarta dalam rangkaian kegiatan FKY 2008 atau FKY XX. Namun antusiasme masyarakat terhadap JAF di luar dugaan dan sangat mengejutkan.

"Mereka memberikan apresiasi yang sangat bagus terhadap kegiatan ini. Bahkan kami menerima banyak tanggapan yang positif melalui email dan SMS," katanya.

Ratusan karya visual yang sebagian besar berupa lukisan dengan beragam tema, mulai dari pemanasan global hingga tema-tema kehidupan keseharian manusia, tampaknya mampu menyegarkan mata sekaligus pikiran pengunjung JAF.

"Kami mencoba mengemas pameran ini menjadi sebuah kemasan yang ideal. Pengunjung tidak hanya disuguhi karya-karya individual yang dipamerkan, tetapi juga bisa menikmati suasana pamerannya," katanya.

Di sepanjang lorong ruang pameran ada beragam rambu-rambu lalulintas seperti Jalan Satu Arah atau Dilarang Masuk yang terbuat dari ratusan puntung rokok. Kemudian di pintu masuk ruang pameran -- Taman Budaya Yogyakarta -- terpampang mural bertuliskan Sorry Dab Larang (Maaf Mas, mahal).

"Itu hanya sebagai guyon (canda) saja. Itulah sebenarnya yang membuat kita selalu segar. Ungkapan seperti ini menunjukkan kejujuran," kata Heri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menilai kegiatan yang sekaligus dijadikan sebagai ruang perdagangan karya seni itu cukup ampuh menarik minat kolektor. Terbukti, sudah ada sekitar 30 karya laku terjual. "Dengan jumlah karya seni yang sudah laku terjual sebanyak itu, berarti budget anggaran pembiayaan FKY 2008 sudah 50 persen tercukupi," katanya.

Heri berharap pemasukan dana dari karya seni yang terjual terus bertambah, apalagi ada sejumlah karya seni yang baru dipajang di pameran itu menggantikan yang lama. "Panitia JAF terpaksa melakukan rolling karya seni yang dipajang, mengingat banyak karya seni yang masuk tetapi terkendala terbatasnya ruang pameran," katanya.

JAF berlangsung hingga 7 Juli, bersamaan dengan hari terakhir FKY 2008. (ANT)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.