Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Rock Parade: Pas Band Paling Seru

Kompas.com - 11/07/2008, 23:23 WIB

JAKARTA, JUMAT - Jakarta Rock Parade, parade musik rock yang digelar di seputaran Tennis Indoor Senayan Jakarta pada 11-13 Juli 2008, menampilkan seratusan band dari dalam negeri dan luar negeri. Pada hari pertama, Jumat (11/7), meski tidak didatangi banyak pengunjung, sejumlah band tampil mengesankan. Pas Band, grup rock/hip hop asal Bandung, tampak paling banyak ditonton.

Pas Band, dengan personel Yukie (vokal), Trisno (bas), Bengbeng (gitar), dan Richard Muttler sebagai drummer tamu, mengentak Tennis Outdoor Senayan. Pas Band kali ini tidak mengikutsertakan Sandy sebagai drummer asli. Richard adalah drummer Pas Band pada formasi awal grup ini dibentuk. Richard mengundurkan diri pada saat proses pembuatan album keempat.

Grup yang dibentuk pada 1990 ini mulanya merencanakan 17 lagu untuk dinyanyikan. Namun, karena waktu tidak cukup, sejumlah lagu terpaksa tidak dibawakan. Lagu-lagu Pas Band antara lain Gangster of Love, Never be Lonely, Red Light Shooters, dan Nyamuk yang Bingung. Ada pula beberapa lagu yang dinyanyikan secara medley, yakni Deskripsi, Singomenggolo, serta Anak Kali.

Penonton yang kebanyakan anak muda ini menyambut antusias penampilan Pas Band. Mereka berjingkrak dan berjoged. Para pengagum Pas Band yang tergabung dalam Pasers juga ikut menyanyi.

Selain Pas Band, sejumlah grup yang tampil antara lain Gribs, Acid Speed, The Upstairs, Nidji, The Changcuters, dan Koil. Ada pula kelompok band dari era 70-an yakni Noor Bersaudara, Shark Move, dan Gipsy & Gang Pegangsaan. Parade rock ini memang mengikutsertakan grup-grup lintas generasi, mulai 70-an hingga 2000-an.

Terlihat, band-band indie (independent, bukan mengikut label mainstream) dan grup-grup dengan personel anak-anak muda lebih banyak dikerumuni penonton dibanding grup-grup tua Noor Bersaudara dan Shark Move sepi penonton, sementara grup-grup anak muda lumayan banyak dikunjungi.

Rezanov, vokalis Gribs, merasa bangga bisa tampil di Jakarta Parade Rock yang baru pertama kali digelar ini. "Meski sepi, saya tetap bersemangat," katanya. Hingga berita ini dibuat, Gipsy & Gang Pegangsaan belum tampil. Menurut rencana mereka akan naik pentas pada pukul 22.30.

Besok, Sabtu (12/7), hari kedua, Jakarta Rock Parade akan menampilkan antara lain grup The Parlotones, Young and Restless, Oppie & BOP, Discus, Ucok AKA & Teraphy Project, serta Andy Tielman, yang khusus datang dari Belanda. Ada pula Burger Kill, Tengkorak, Getah, Rasta, Netral, dan BMX Bandit. Pentas dimulai pukul 15.00 dan berakhir tengah malam. (Kompas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com