Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

David Naif dan Dongeng Naga Emas

Kompas.com - 21/07/2008, 20:12 WIB

JAKARTA, SENIN--Vokalis grup band NAIF, David mengungkapkan, sejak kecil anak-anak sebaiknya dikenalkan pada dunia anak, baik lewat lagu-lagu maupun buku cerita.

"Sewaktu Audrey (8) dan Jason (7) masih kecil saya selalu mengarang cerita fabel untuk mereka, tokohnya biasanya Naga Emas," katanya di Jakarta, Senin.

Menurut David membacakan dongeng untuk anak memberi banyak dampak positif bagi orang tua dan anak. Di antaranya membangun hubungan yang lebih erat. Cerita-cerita yang membumi, sarat makna, dan petuah juga akan diteladani oleh anak.

"Membacakan dongeng atau mengarang cerita untuk anak-anakku adalah saat-saat yang berkesan. Meski sudah bertahun-tahun berlalu mereka tidak pernah lupa cerita-cerita karanganku tentang Naga Emas. Padahal, aku saja sudah lupa," ujarnya.

David mengaku senang berimajinasi dan mengarang dongeng untuk anak karena dilatarbelakangi masa lalunya. Sejak kecil, menurutnya,  orang tua David tidak pernah mendongeng atau membacakan buku-buku cerita anak sebelum tidur.

"Dulu orang tua aku hampir tidak pernah membacakan dongeng, mungkin karena sibuk atau apa. Aku tidak mau hal ini terjadi pada anak-anakku karena membaca dongeng banyak manfaatnya. Sekarang mereka sudah besar, bisa membaca buku sendiri, aku jadi kangen membaca dongeng lagi," demikian katanya. (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com