Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kung Fu Panda" dan Teknologi Animasi HP

Kompas.com - 15/08/2008, 01:21 WIB

Belum lama ini anak-anak dan bahkan penonton dewasa di berbagai penjuru dunia menikmati film Kung Fu Panda. Di sana-sini muncul adegan lucu, tetapi juga menyentuh. Itu memang unsur utama yang jadi unggulan film tersebut. Namun, yang tak bisa dilewatkan adalah aspek animasi yang digarap oleh DreamWorks Animation SKG Inc.

Ternyata di dalam kreativitas DreamWorks ini terkandung teknologi informasi karya Hewlett-Packard (HP). Lebih dahsyat lagi, Kung Fu Panda (KFP) dihadirkan dalam versi tiga dimensi (3-D) dalam acara konferensi media HP di Berlin. HP amat membanggakan KFP karena, melalui karyanya, dalam film inilah animasi melambung ke level ketinggian kreativitas baru.

Dengan bantuan teknologi HP, pencipta animasi (animator) DreamWorks—seperti dikutip Cow News Droid (6/6/2008)—bisa membuat film yang bahkan tahun lalu pun masih mustahil dibuat.

Bagi HP sendiri, apa yang diberikan pada KFP merupakan wujud komitmen untuk membawa inovasi ke pasar, yang—seperti dikatakan oleh Satjiv S Chahil, Senior VP Global Marketing-Personal Systems—berikutnya membantu semua tipe konsumen menampilkan kegeniusan kreatif mereka, apakah mereka itu studio kelas tinggi ataupun masyarakat kebanyakan.

Dari Shrek hingga Bee Movie, HP terus memberi teknologinya yang paling mutakhir. Untuk KFP, HP membantu animator memecahkan tantangan artistik untuk membawa cerita Po Sang Panda jadi hidup. Penonton film ini tentu masih ingat, betapa hidup sekaligus betapa rumitnya, lingkungan dan aktivitas para tokoh. Semua itu hanya bisa hadir karena adanya workstation HP dengan prosesor multi-core yang belum pernah ada sebelumnya.

Teknologi HP telah memungkinkan DreamWorks Animation memanfaatkan kamera dalam jumlah paling banyak untuk film KFP. Didukung 400 workstation dan fasilitas teknologi lain yang semua diperkuat oleh teknologi HP, DreamWorks Animation bisa membawa elemen-elemen kreatif pada KFP ke tingkatan baru.

HP yang bertekad menghadirkan pengalaman teknologi lebih sederhana bagi semua konsumennya—dari individu hingga bisnis paling besar—terus menyempurnakan produk yang menjadi ciri khasnya, mulai dari peralatan pencetakan, personal computing, perangkat lunak, hingga infrastruktur TI. Dengan pendapatan sebesar 110,4 miliar dollar AS untuk periode setahun terakhir yang berakhir April 2008, HP memang merupakan salah satu perusahaan TI yang paling besar di dunia.

Kebesaran itu membuatnya harus tak berhenti berinovasi, termasuk dalam mendukung kreativitas yang amat membahagiakan anak-anak seperti dalam film KFP. (NIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com