Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Blood Diamond" Jadi Sasaran Pencekalan

Kompas.com - 22/08/2008, 15:22 WIB

FREETOWN, KAMIS - Kehadiran film Hollywood Blood Diamond (2007), yang diminati oleh banyak penonton di Freetown, Sierra Leone, kini terancam. Sebuah agensi promosi baru negara tersebut menginginkan film itu dicekal dari pemutarannya.

"Film Blood Diamond ini mengirim sinyal-sinyal buruk tentang Sierra Leone kepada dunia," kata pihak Sierra Leone  Investment and Export Promotion Agency (SLIPA), yang dijalankan oleh pemerintah negara di Afrika itu, Kamis (21/8).

Agensi tersebut mendesak pemerintah Sierra Leone dan rekanan-rekanan lain untuk melarang pemutaran film yang berdampak telak ini," ujar Ketua SLIPA, Adeyormie Sandy.

Blood Diamond berlatar perang saudara Sierra Leone pada  1991-2002. Film itu dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, yang berperan sebagai pedagang berlian yang tak memiliki etika. Film tersebut memperlihatkan adegan-adegan perang yang mengerikan di Sierra Leone dan memaparkan bagaimana para pemberontak memaksa para warga sipil untuk menambang berlian bagi mereka untuk mendanai perang itu.

Sementara film tersebut menyadarkan dunia akan masalah mengenai berlian itu, agensi promosi tersebut ngotot bahwa film itu menghalangi usaha-usaha mereka untuk memberi citra baru bagi Sierra Leone dalam rangka memikat para penanam modal baru. (sierraeye.net)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com