Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Addie MS Konser Indonesia-Australia di Sydney

Kompas.com - 06/09/2008, 00:54 WIB

BRISBANE, SABTU--Konser bersama kelompok "Twilite Orchestra" dari Indonesia dan "Willoughby Symphony" Australia bertajuk "Tabuh-tabuhan, Suara Harmoni" dipastikan berlangsung pada 20 September di aula resital "Angle Place" Sydney.

Informasi yang dihimpun Antara di Brisbane, Jumat, menyebutkan, konser yang dipimpin konduktor ternama Indonesia, Addie MS, itu melibatkan 81 musisi, termasuk dua pianis dan tiga solois.

Grup "Willoughby Symphony" menurunkan 47 personilnya, termasuk Steven Smith (solois), sedangkan "Twilite Orchestra" menurunkan 36 personilnya, termasuk Binu D Sukaman (solois), Andre Hehanussa (solois), Levi Gunardi (pianis), dan Johannes S Nugroho (pianis).

Konser hasil kerja sama Konsulat Jenderal RI di Sydney dengan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI, Garuda Indonesia, World Wildlife Fund (WWF), dan Kedutaan Besar Australia di Jakarta itu menyuguhkan "Tabuh-tabuhan", karya simfonis Colin McPhee yang ditulis untuk orkestra dan dua piano.

Disebutkan, aneka melodi dan ritme dalam aransemen itu diperkuat  suara gamelan Bali dalam karya simfoni. Dalam konser bersama itu, lagu-lagu daerah Indonesia dan musik klasik akan menghibur para penonton.

Penonton dikenai tiket seharga 59, 49, dan 39 dolar Australia. Hasil penjualan tiket tersebut tidak hanya dimaksudkan untuk menutupi ongkos produksi tetapi juga sebagian uangnya akan disalurkan untuk membantu program WWF  menanam pohon di Kalimantan.

Sepanjang 2008, KJRI Sydney meramaikan ibukota negara bagian New South Wales itu dengan aneka program diplomasi budaya Indonesia. Pada 10 Agustus, misalnya, KJRI Sydney menampilkan Jaya Suprana dengan Kwartet Punakawannya di Gedung Opera Sydney.

Lalu pada 17 Agustus malam, KJRI Sydney mendatangkan Kelompok band papan atas Indonesia, "Dewa 19",  "Dewi-Dewi", Elfonda Mekel alias Once, Mulan Kwok (Mulan Jamilah), "Andra and The Backbone", Jessica Mauboy (runner-up Australian Idol) dan "The Rocks" untuk meramaikan perayaan Hari Ulang Tahun RI. (ANT) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com