Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1000 Guru Nonton Film Laskar Pelangi

Kompas.com - 25/09/2008, 17:01 WIB

BANDUNG, KAMIS--Sekitar 1000 guru SD, SMP dan SMA menonton gratis pemutaran perdana Film Laskar Pelangi di Blitz Megaplex, Bandung, Rabu.

Acara ini dimaksudkan sebagai salah satu bentuk penghargaan bagi para insan pendidik, atas segala jerih payahnya yang telah mendidik murid-muridnya tanpa kenal lelah dan waktu, kata Rudi Ridwan, selaku Ketua Penyelenggara Acara dari Penerbit Mizan.

Menurutnya, film Laskar Pelangi ini merupakan sebuah pengingat bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya para guru, bahwa proses pendidikan itu harus tetap berlangsung dalam keadaan apapun dan di manapun.

"Kami harap, setelah menonoton film ini, masyarakat terbuka hatinya dan menyadari tentang begitu pentingnya peran pendidikan bagi kehidupan kita," katanya.

Selain dilaksanakan di Bandung, acara ini juga serentak digelar di Yogjakarta, Jakarta dan Surabaya.

Salah seorang penonton yang juga seorang guru, Tuti Eko (50) menuturkan, film Laskar Pelangi telah berhasil mengangkat dan menggambarkan realita dunia pendidikan di Indonesia.

Dikatakannya, walaupun di daerah terpencil sarana serta prasana penungjang pedidikannya sangat minin, namun hal itu janganlah dijadikan sebagai alasan para bagi guru agar tidak patah semangat dalam menyebarkan ilmu kepada anak-anak didiknya.

Dalam acara ini, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan juga sempat menyaksikan pemutaran perdana Film Laskar Pelangi di Kota Bandung.

Dalam sambutannya, Gubernur mengingatkan bahwa peran guru sangat stategis dalam memajukan kemajuan bangsa ini. Oleh karena itu, keberadaa para guru harus senantiasa diperhatikan oleh pemerintah, katanya.(ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com