Tito Jamaica Cafe, Jaga Suara dengan Air Putih

Kompas.com - 07/11/2008, 00:04 WIB
Editor

JAKARTA, KAMIS - Musim hujan yang terjadi seperti saat ini, sangat identik dengan serangan batuk dan pilek. Tentunya akan ribet bila menderita kedua hal tersebut, apalagi kalau  pekerjaan sehari-hari harus berurusan dengan suara.

Seperti juga yang dialami salah satu personil grup penyanyi acapella, Jamaica Cafe, Tito. Sebagai kelompok penyanyi yang semata mengandalkan ketahanan tenggorokan dalam bernyanyi dan bermusik, anggota Jamaica Cafe dituntut untuk pintar menjaga kondisi alat suara ini. Meski kondisi tubuh juga dituntut prima.

Tito mengaku, di awal musim penghujan kali ini dirinya juga sempat mengalami flu, dan itu sangat mengganggunya. "Sempat kepikiran juga, karena saat itu pertunjukkan kurang satu minggu. Untunglah semuanya dapat segera diatasi dengan bantuan dokter," kata Tito, seusai pertunjukkan Jamaica Cafe di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Kamis (6/11) malam.

Tito menjelaskan, bahwa dari enam personil Jamaica Cafe (Bayu, Michael, Iko, Eko, Anton, dan Tito), dirinya dan Michael adalah perokok. "Kita jaga kondisi suara dengan banyak minum air putih. Selain itu paling mengkonsumsi vitamin, khususnya vitamin C," terangnya.

Selain kedua hal tersebut, lanjut Tito, dirinya juga rutin melakukan olahraga setiap hari. Masih ditambah olahraga rutin bersama satu grup yang dilakukan seminggu sekali. "Olahraga saat sendiri biasanya berupa olahraga ringan. Tapi kalau sudah bareng satu grup, biasanya sering melakukan bulu tangkis," ujar Tito.

Namun ternyata hal itu belum cukup, karena menurut Tito hal di atas harus diikuti oleh pola hidup sehat, jadi dalam satu hari tubuhnya harus mendapatkan istirahat yang cukup. "Menurut dokter sih untuk orang dewasa itu dibutuhkan waktu istirahat selama 8 jam setiap hari, tapi itu kata dokter lho!," jelas Tito sambil tertawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.