Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadine Jelajahi Pedalaman Kaltim

Kompas.com - 10/11/2008, 20:10 WIB

PONTIANAK, SENIN- Nadine Chandrawinata, Katon Bagaskara, dan Nugie, menjadi suporter kehormatan WWF Indonesia, dan telah mengunjungi kawasan Heart of Borneo (HoB) di Kalimantan Timur pada tanggal 7-10 November 2008.

Petugas Komunikasi HoB, Nancy Ariaini dalam keterangan tertulis di Pontianak, Senin (10/11) ini mengatakan, kunjungan mereka dalam rangka Festival Erau dan Pemilihan Duta Lingkungan serta Duta Konservasi Kabupaten Malinau.

Menurut Nancy, Nadine dan Katon pada Jumat (7/11) mengunjungi Hutan Lindung Mangrove (hutan bakau) di Tarakan. Hutan lindung tersebut merupakan tempat pelestarian ekosistem, juga tempat wisata pendidikan sekaligus pusat informasi mengenai ekosistem mangrove.

Kemudian, pada Sabtu (8/11) di Malinau, Nadine dan Katon menyaksikan Nekebun Lalau,  yakni atraksi budaya suku Dayak Punan, serta atraksi Ncaut dan Nyangka dari suku Dayak Berusu.

Kedua atraksi tersebut merupakan bagian dari  120-an aktivitas/stan pengisi yang dipersiapkan oleh Pemda Malinau dalam rangka festival rakyat tiap dua tahun ini.

Sedangkan untuk hari Minggu (9/11) kemarin, Nugie dan Nadine berkunjung ke zona penyangga Taman Nasional Kayan Mentarang, yaitu Kuala Sungai Mentarang/Sungai Tubu. 

Mereka juga mengunjungi pemukiman suku Dayak Punan dan Dayak Lundayeh, serta bertemu dengan masyarakat Mentarang Baru untuk sosialisasi konsep pengelolaan Zona Penyangga Taman Nasional oleh Balai Taman Nasional Kayan Mentarang dan WWF-Indonesia.

Direktur Eksekutif WWF Indonesia Mubariq Ahmad mengatakan, suporter WWF Indonesia diharapkan dapat mendukung tumbuh dan terpeliharanya kesadaran dan tindakan nyata cinta lingkungan terutama di kalangan muda.

HoB adalah sebuah inisiatif yang dirancang sebagai program pemanfaatan berkelanjutan dan konservasi yang bertujuan mempertahankan keberlanjutan manfaat salah satu hutan terbaik yang masih tersisa di Borneo bagi kesejahteraan generasi sekarang dan mendatang. 

Cakupan wilayah kerja HoB membentang pada rangkaian dataran tinggi Borneo yang terhubung secara langsung dengan dataran rendah di bawahnya. Wilayah kerja ini melintasi Brunei Darussalam, Indonesia, dan Malaysia. 

Di Indonesia, kawasan HoB mencakup tiga provinsi, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Kabupaten Malinau termasuk di dalam kawasan Heart of Borneo di Kaltim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com