Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musisi Dunia Ramaikan Asean Jazz Festival

Kompas.com - 20/11/2008, 23:13 WIB

BATAM, KAMIS--Musisi jaz dunia meramaikan pesta musik jazz bertaraf internasional Asean Jazz Festival di Costarina, Batam, Kepulauan Riau, Sabtu hingga Minggu mendatang.

"Artis jaz kenamaan dunia Bob James akan tampil, bersama artis Singapura, Malaysia, Philipina, Thailand dan Indonesia," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Raja Muchsein di Batam, Kamis.

Tampil dari Singapura Melisca Tham dan Tze, Lewis Pragasam dari Malaysia, Nina dari Philippina serta Mint dari Thailand.

Sedangkan artis Indonesia yang ikut memeriahkan festival ini antara lain Imel Rosalin, Rieke Roslan, Tao Combo, Indro trio, jaQue Mate dan Glen Dauna project.

"Artis Batam Grup Mangrove juga tampil sebagai pembuka," kata Raja menambahkan.

Raja menyatakan seniman yang ditampilkan sengaja dari dalam dan luar negeri, demi menarik wisatawan asing.

Namun, tidak seperti acara lain, Dinas Pariwisata tidak menjual paket wisata musik itu secara khusus, karena menurut dia peminat musik jaz kebanyakan ekonomi atas.

"Yang menyukai musik jaz rata-rata orang ekonomi atas, mereka lebih menyukai datan langsung, tanpa mengikuti paket khusus," katanya.

Menurut dia, peminat musik jaz cenderung menyukai memilh hotel dan perjalanan sendiri, tidak mengikuti paket yang disediakan.

Sementara itu, Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan acara yang diselenggarakan penyelenggara acara bekerjasama dengan Departmen Budaya dan Pariwisata sangat potensial menyerap wisatawan asing.

"Posisi geografis Batam yang sangat berdekatan dengan Singapura dan Malaysia sehingga akses turis dari dua negara tetangga tersebut dapat dimaksimalkan sesuai dengan keinginan mereka untuk menyaksikan langsung penampilan musisi Jazz dunia di Batam," katanya.

Acara yang digelar di Coastarina itu diharapkan dapat menyerap wisatawan asing, memenuhi target turis kota Batam 2008, sebanyak 1,2 juta orang.

Sepanjang 2008, hingga September, jumlah wisatawan asing yang singgah di Batam 750.000.(ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com