Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarkasme Ben Stiller

Kompas.com - 23/11/2008, 10:50 WIB

Sutradara: Ben Stiller
Penulis Skenario: Justin Theroux, Ben Stiller, dan Etan Cohen
Produksi: Dreamworks Pictures

 

Ben Stiller menunjukkan multibakatnya. Dalam film Tropic Thunder, ia tidak hanya menjadi pemeran utama, namun juga produser, penulis skenario, dan sekaligus sutradara. Gagasan cerita juga datang dari dia. Inilah film aksi komedi tentang Perang Vietnam, yang super konyol namun penuh sindiran ala Ben Stiller.

Tugg Speedman (Ben Stiller), Kirk Lazarus (Robert Downey Jr), Jeff Portnoy (Jack Black), Kevin Sandusky (Jay Baruchel), dan Alpa Chino (Brandon T Jackson) adalah lima karakter dalam film perang yang disutradarai Damien (Steve Coogan). Mereka berikrar akan membuat film perang yang tak terlupakan sepanjang masa.

Di tengah-tengah shooting, para pemain terus didera rumor miring. Misalnya Tugg, tentang pamornya yang sudah surut. Perannya sebagai Jack yang bego di film Simple Jack terus diejek karena tak layak bersanding dengan peran Tom Hanks dalam Forest Gump atau Sean Penn dalam I Am Sam.

Begitulah rupa-rupa sindiran terus bergulir dalam Tropic Thunder. Stiller terinspirasi peristiwa pada tahun 1987 ketika film perang seperti Platoon dan Hamburger Hill dibikin. Ia tertawa saat mendengar para aktor merasa sudah seperti tentara beneran yang kompak, sementara pada kenyataannya tidak. Stiller juga menyindir banyaknya aktor yang mencandu narkotika, lewat tokoh Jeff.

Sebagai produser, Stiller telah membikin banyak film, di antaranya Starsky & Hutch (2004), Blades of Glory (2007), dan The Ruins (2008). Dua film lain, The Boys serta Master Mind sudah masuk babak akhir produksi. Sebagai sutradara, filmnya antara lain The Cable Guy (1996) dan Zoolander (2001). (IVV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com