Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agus Gembel Pamer Cinta dan Keluarga

Kompas.com - 18/12/2008, 16:23 WIB

SURABAYA, KAMIS--Perupa asal Surabaya Agus Gembel HST memamerkan karyanya bertema "Cinta... Adalah Sebuah Ruang Keluarga" di Galeri Surabaya, kompleks Balai Pemuda, 17 hingga 23 Desember 2008.

"Dalam bahasa Inggris, ruang keluarga justru disebut dengan ’living room’ yang secara harfiah adalah ruang hidup. Ruang keluarga, menurut dia adalah titik temu," kata perupa kelahiran Yogyakarta, 2 Oktober 1971 itu di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, ruang keluarga itu merupakan tempat untuk berkumpul dan berkreativitas anggota keluarga. Di situ ada kasih sayang, cinta sekaligus benci, pertengkaran dan lainnya yang semuanya tetap bermuara pada cinta.

Pada karyanya ini, ia ingin menyampaikan bahwa cinta tidak hanya berkaitan dengan sayang, suka, kangen, keindahan dan lainnya, tapi juga perasaan sedih, benci, marah, kenes, berantem, bahkan juga sifat jahat.

"Cinta yang sempurna adalah cinta yang lengkap komponen-komponen pembentuknya. Cinta adalah sebuah kompleksitas yang absurd, namun tidak dapat disangkal oleh logika," kata seniman yang juga aktif menulis puisi, lagu dan naskah teater, khususnya monolog itu.

Agus menghadirkan semua bentuk seni rupa dalam pamerannya ini, yakni lukisan, patung dan fotografi yang mengambarkan bertemunya berbagai rasa dalam kehidupan suatu keluarga.

Pada seni patung, ia menghadirkan karya yang menggunakan berbagai media, seperti kayu, kain batik, benang dan lainnya. Untuk fotografi yang telah diolah kembali, ia menghadirkan sosok-sosok Gus Dur, monalisa dan lukisan ia menampilkan karya abstrak.(ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com