Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Kirim Twillte Orchestra ke Vietnam

Kompas.com - 05/01/2009, 13:19 WIB

JAKARTA, SENIN - Kebahagian dan kebanggaan yang besar kini tengah dirasakan Addie Muljadi Sumaatmadja atau yang dikenal dengan Addie MS.  Bagaimana tidak? Twillte Orchestra (TO), kelompok musikal yang didirikan dan dipimpinnya, kembali mendapat kepercayaan untuk tampil di ajang internasional.

Tidak main-main, di sela-sela berlangsungnya pertemuan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2009 yang akan digelar di Hanoi, Vietnam pada 7-12 Januari 2009, TO dipercaya membawakan 18 lagu di hadapan para menteri pariwisata ASEAN. 10 lagu merupakan lagu dari negara-negara ASEAN, delapan lagu merupakan lagu Indonesia dan lagu klasik lainnya.

Namun, TO yang akan tampil di Melia Hotel Hanoi pada 8 Januari 2009 dalam acara gala dinner ATF 2009 hanya akan digawangi 30 orang. Biasanya grup ini diperkuat oleh 60 orang pemain musik. Hal ini terjadi karena terbentur masalah pendanaan. Namun Addie mengaku optimistis bahwa kekuatan musikal yang akan dipersembahkan TO tak berkurang. Terlebih hadir pula dua vokalis, Daniel Kristianto dan Ita Widianingsih.

Pada bagian lain Addie MS mengibaratkan, dalam seni politik, musik bisa dijadikan alat diplomasi untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. "Tujuannya tak lain adalah, di samping pariwisata Indonesia, juga promosi bahwa Indonesia memiliki sebuah orkes simponi, karena selama ini, dalam hal  musik orkestra Indonesia terkesan ketinggalan di banding negara-negara ASEAN lain," kata Addie, Senin (5/1)

"Penampilan orkestra ini berfungsi ganda, selain mempertahankan dan menunjukkan kembali kepeloporan Indonesia di antara negara-negara ASEAN, juga untuk mendukung program visit Indonesia, serta promosi terhadap kesenian Indonesia," ujar Dirjen Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar dalam kesempatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com