Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eko Patrio Akui Berikan Uang

Kompas.com - 20/03/2009, 20:45 WIB

MOJOKERTO, KOMPAS.com — Pelawak Eko Patrio, Jumat (20/3), mengakui, dirinya memberikan uang saat kampanye terbuka di sekitar wilayah Kampung Penarip, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Prajurit Kulon, lingkungan Pekayon Kelurahan Kranggan, Kecamatan Prajuritkulon, dan di Keradenan, Kelurahan Kauman, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, Rabu (18/3). Eko mengatakan, saat itu uang tersebut dibagikan kepada lima orang dalam lima amplop yang ia tidak tahu persis berapa jumlah masing-masing uangnya di setiap amplop tersebut.

"Uang dalam amplop tersebut dibagikan bersama pin dan sejumlah hadiah lain pada orang yang berhasil menebak pertanyaan dalam kuis dadakan," katanya. Namun, Eko menganggap yang dilakukannya itu belum tergolong dalam praktik politik uang.

Eko mendefinisikan bahwa politik uang adalah kegiatan bagi-bagi uang pada 200 orang yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi. "Kalau ini kan hanya dibagikan kepada lima orang dan dilakukan secara terbuka, semua orang tahu," kata Eko seusai melakukan kampanye terbuka di Perumteng Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Jumat.

Ketua KPU Kota Mojokerto Chusnun Amin, pada hari yang sama, memperingatkan calon anggota legislatif DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) Eko Patrio. Peringatan itu merujuk pada pelanggaran administratif saat Eko mengadakan kampanye pada Rabu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com