Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat Ini, Untar Gelar Bedah Film 'Generasi Biru"

Kompas.com - 15/04/2009, 08:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dimoderatori oleh Ita Sembiring, acara bedah film tersebut akan dilaksanakan Jumat (16/4) di Ruang Auditorium Gedung Utama, Universitas Tarumanagara (UNTAR) Lantai 3, Jl. Let.Jend S. Parman No.1, Grogol, Jakarta Barat. Selain dihadiri oleh para pemainnya, yaitu para personil Slank, bedah film ini juga diramaikan oleh satu dari tiga sutradara film tersebut, Garin Nugroho.

Bagi para pelajar dan mahasiswa, 'Generasi Biru' tentu bukan film "biasa". Garin membuatnya tidak semata cerita dengan alur yang simpel dan gampang ditebak. Drama dalam film ini kaya akan lagu-lagu yang berpadu padan dengan gerak koreografi, animasi, adegan, serta pola gambar-gambar untuk menerjemahkan visualisasi lagu-lagu tersebut.  

Banyak simbol digunakan Garin. Alhasil, tidak mudah penonton awam menerjemahkannya. Simbol-simbol yang tidak hanya mengandung gagasan, melainkan juga keindahan. Bak panggung pertunjukkan tari, simbol-simbol tersebut diwacanakan apik lewat paduan koreografi Eko Supriyanto, David Undry, serta Jecko Siompo.

Sebagai pendidikan sosial dan budaya, film ini banyak mengangkat fenomena realitas Slank. Bersama Slankers-nya, Slank adalah fenomena sosial yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan generasi muda Indonesia. Karya yang memvisualkan kondisi Indonesia lewat kacamata Slank, lewat lagu-lagunya yang bernada protes politik, sosial, dan ekonomi.  

Anda yang tertarik menambah wawasan, informasi mengenai bedah film ini bisa menghubungi Tarumanagara Knowledge Centre, Lantai 7 Gedung Utama Universitas Tarumanagara di 021 569 58760.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com