Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Tahun GIGI, Makin Matang dan Memukau

Kompas.com - 01/05/2009, 05:21 WIB

Tampil sekitar 90 menit di panggung Bentara Music Performance, Kamis (30/4) malam di Bentara Budaya Jakarta, grup band GIGI tak hanya membuktikan bahwa band itu tetap kelompok musik terbaik dan paling bersinar, tetapi juga piawai berinteraksi dan mengendalikan emosi serta adrenalin penonton.

Cermati, misalnya, bagaimana Armand Maulana dengan karakter vokal yang khas serak-serak merdu memilih lagu-lagu yang ia bawakan. Selain variatif dalam tema dan aransemennya juga seolah-olah ada klimaks dan antiklimaks.

Dalam empat lagu pada sesi pertama yang dibawakan secara nonstop, GIGI dengan lagu ”Sumpah Mati” langsung menggebrak dengan aransemen pop- rock khas GIGI. Dilanjutkan dengan ”Harga Kesetiaan” yang temponya semakin cepat. Dua lagu itu adalah lagu baru GIGI.

Walau empat lagu dibawakan secara medley, Armand (vokalis), Dewa Budjana (gitar), Thomas Ramdan (bas), dan Gusti Hendy (drum) seperti tak kehabisan energi. Tetap lincah dan segar. Aksi panggung pada usia GIGI ke-15 tahun tetap memukau dan dipuja penggemar berbagai kalangan usia.

”Selama 15 tahun, GIGI selalu segar dan energik karena panggung GIGI selalu diramaikan oleh Gigikita (sebutan untuk penggemar/fans GIGI),” kata Armand.

Luncurkan buku

Ada 12 lagu yang dibawakan dalam tiga sesi. Setiap sesi ada dialog dengan penonton. Personel GIGI pun sempat ”diusili” dengan menanyakan kisah-kisah unik, yang selengkapnya bisa dibaca dalam buku otobiografi, yang semalam juga diluncurkan.

Menurut Armand, perjalanan 15 tahun bermusik menunjukkan kematangan GIGI dalam bermusik. Karena itu, untuk merekam jejak dibuat otobiografi.

Seusai pertunjukan, penonton antre membeli buku dan album terbaru yang dijual bersamaan dengan merchandise lain seperti T-shirt, poster, dan gantungan telepon seluler.

Merujuk ke belakang, sejak kelompok musik ini berdiri 22 Maret 1994 sampai sekarang telah banyak prestasi yang ditorehkan GIGI tak hanya di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Misalnya, GIGI menyabet tiga piala pada Anugrah Planet Muzic 2008 di Kuala Lumpur. Di Indonesia, GIGI menyabet tiga kategori penghargaan Anugerah Musik Indonesia tahun 1998. Berkali-kali konser di luar negeri dan 3 Mei 2009 GIGI akan konser di Jepang. (YURNALDI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com