Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo Masih Paling Tajir, Kekayaannya Capai Rp 1,57 T

Kompas.com - 20/05/2009, 14:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Total harta kekayaan cawapres Prabowo Subianto masih yang terbesar dari sisi jumlah dibandingkan para kandidat lainnya, meskipun totalnya di bawah jumlah yang dilaporkan ke KPK sebelumnya, Rp 1,6 triliun-Rp 1,7 triliun. Setelah dilakukan verifikasi oleh petugas KPK, total kekayaan Prabowo mencapai Rp 1,57 triliun dan Rp 7,5 juta dollar AS. Hal tersebut disampaikan Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara Muhammad Sigit seusai melakukan verifikasi di kediaman mantan Danjen Kopassus itu, di Bukit Hambalang, Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat.

"Ada perubahan-perubahan (jumlah) karena pencatatan yang semula masih menunggu dokumen NJOP. Ada juga beberapa rekening yang tidak ada lagi, sudah tidak aktif. Jadi totalnya Rp 1,57 triliun dan 7,5 juta dollar AS," ujar Sigit kepada wartawan.

Pengurangan itu, ia menjelaskan, karena masih ada account yang dicatatkan dalam bentuk deposito dan kini sudah dicairkan.

Aset tak bergerak, untuk tanah, Prabowo hanya memiliki dua aset. Yang terbesar adalah lokasi yang digunakan sebagai kediamannya saat ini. "Di sini (Hambalang) saja luasnya 48.000 meter atau 4,8 hektar. Rumah 3.000 m," ujar Sigit.

Untuk aset bergerak seperti mobil, menurut Sigit, hanya berjumlah 8 buah. Dari 8 tersebut, beberapa di antaranya merupakan mobil keluaran tahun lama. "Sumber (harta) katanya dari hasil usaha sendiri. Kalau mobil tahun kuno mungkin diperoleh sejak masih aktif," ujar dia.

Prabowo juga mencatatkan sejumlah sahamnya yang berada di luar negeri, seperti Perancis dan Argentina. Sebelumnya, dalam laporan ke KPK, Prabowo mendaftarkan kekayaannya mencapai Rp 1,7 triliun, termasuk aset di 27 perusahaan di beberapa bidang dan peternakan kuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com