Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Urban Jazz Crossover" Gebrak Kota Pahlawan

Kompas.com - 27/05/2009, 03:03 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com--"Urban Jazz Crossover" akan menggebrak Kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, di Empire Palace, pada hari Jumat (29/5), saat itu belasan tembang akan diubah ke dalam aransemen baru yang memadukan jazz dengan "electronic dance", pop, dan rock.

"Secara berurutan, even ini telah diadakan di Medan (1/5), Bandung (8/5), Semarang (15/5), dan Jakarta (22/5). Sementara, gong-nya akan menggebrak Surabaya besok Jumat (29/5)," kata "Brand Manager" Dji Sam Soe, Stephanus L. Kurniadi, di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, pagelaran musik ini bertema "Music You Know With A Twist" akan menghadirkan banyak artis, lebih padat kolaborasi, dan banyak genre di-"crossover", sehingga menghasilkan warna "urban jazz" yang lebih variatif. "Selain itu, kami telah merangcang konsep acaranya menjadi lebih ’grand’," ujarnya.

Ia menjelaskan, acara itu akan menampilkan lagu-lagu populer dan "hits" di zamannya, mulai dari karya musisi dalam negeri hingga internasional.

"Uniknya, karya yang mereka sajikan mendapat sentuhan baru seperti klasik dan etnik kontemporer Indonesia dengan ramuan jazz," katanya.

Manager Public Relations" PT HM Sampoerna, Yudy Rizad Hakim, menerangkan, pemilihan Surabaya untuk acara yang menginjak tahun kedua ini karena memang sponsornya berasal dari Surabaya dan kota ini sudah melahirkan banyak musisi Jazz terkemuka seperti Bubi Chen.

"Meski telah menjadi sponsor dua ajang Jazz terkemuka yaitu Java Jazz dan Jak Jazz, kehadiran musik Jazz rasa baru sangat perlu. Ke depan, bisa mengidentikan musik Jazz dengan kami sebagai pihak sponsor," katanya.

"Music Director" acara itu, Eki Puradiredja, mengaku, dirinya sengaja menghadirkan penyanyi non jazz seperti Glenn Freddly, Humania, Candil, dan Ari Lasso untuk memperkaya khasanah musik Jazz.

"Karena Gong acara ini di Surabaya, kami akan tampil habis-habisan dan penuh semangat. Semoga sajian kami nanti bisa memuaskan arek Suroboyo," katanya.

Ia menambahkan, acara ini akan dilakukan di panggung megah berukuran 14x10 meter agar para musisi leluasa menampilkan atraksi panggung terbaiknya. "Sound" yang akan dipakai besok (29/5) berkekuatan 20 ribu watt dan "lighting" sekitar 50 ribu watt.

"Kami akan menggunakan 18 proyektor dan layar besar berdimensi 6x12 meter, sehingga penikmat musik dapat memperoleh beragam suguhan materi multimedia sesuai karakteristik dari tiap lagu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com