Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jubing Kristianto Siap Meluncurkan "Delman Fantasy"

Kompas.com - 24/06/2009, 03:36 WIB

Rabu, 8 Juli 2009, gitaris Jubing Kristianto akan mengadakan Konser Solo Gitar & Launching CD Delman Fantasy pukul 19.00 - 21.00 WIB di Mal Citywalk Sudirman, Apartemen Cityloft, jln KH Mas Mansyur Jakarta Pusat, ditemani  
bintang tamu Christopher Abimanyu (tenor) dan Suryadi "Plenthe" (perkusi).

Album solo gitar ketiga Jubing Kristianto ini masih memiliki semangat sama dengan album terdahulu: menyuguhkan keindahan musik gitar tunggal. Meski demikian, ada sesuatu yang baru. Kali ini Jubing juga mengajak penyanyi tenor kondang Christopher Abimanyu untuk melantunkan "Sempurna" (Andra & The Backbone) dan Indonesia Pusaka (Ismail Marzuki).

Lagu anak dan lagu tradisional tetap menjadi favorit Jubing. Kali ini ada Delman Fantasy yang merupakan eksplorasi atas Naik Delman karya Pak Kasur. Karya ini dilahirkan tahun 1987 untuk kompetisi gitar Yamaha tingkat nasional dan mendapat Juara I.

Dari jajaran lagu daerah ada Rame-Rame (C. Kayhatu) yang bergaya samba, Bubuy Bulan (B. Korda) dengan nuansa pentatonik Sunda, serta medley Anak Kambing/Potong Bebek yang semeriah pesta dansa.

Mission Impossible (L. Schiffrin) dimainkan Jubing pertama kali tahun 1994, juga dalam kompetisi gitar Yamaha. Lagu ini selalu mendapat sambutan meriah tiap kali ia mainkan di pentas.

Aransemen Sukiyaki (Nakamura) lahir di tangan Jubing tahum 2004 untuk sebuah konser. Lagu ini aslinya berjudul Ue o Muite Aruko dan direkam tahun 1961 di Jepang. Ketika direkam ulang di Amerika, judulnya diganti menjadi Sukiyaki agar mudah diingat. Dan terbukti ia menjadi salah satu lagu terpopuler di Amerika saat itu dan kemudian menjadi abadi hingga kini.

Dua lagu, She's Always a Woman (Billy Joel) dan Nina Bobo sama-sama memiliki melodi dan harmoni indah. Jubing menyadari hal ini saat memindahkan mereka ke dalam aransemen gitar. Ia tetap mempertahankan kemurnian melodi dan harmoni tanpa terlalu banyak mengutak-atiknya.

Aransemen paling gres dalam album ini adalah Winter Games (D. Foster) dan Stairway to Heaven (Plant/Page). Keduanya adalah karya musik legendaris dan abadi, namun jenis musiknya bertolak belakang. Jubing seakan hendak membuktikan bahwa dengan gitar, apa pun jenis musiknya bisa disuguhkan dengan nikmat.

Dalam album ini ada tiga komposisi ciptaan Jubing sendiri: Capuccino Rumba yang bisa diunduh partiturnya di www.geocities.com/jubing; Clouds yang dirampungkan di studio rekaman; dan lagu tema Kita Punya Bendera, sebuah film tentang persatuan bangsa produksi tahun 2008 di mana Jubing menggarap seluruh musiknya.
---------------------------------
Daftar lagu dalam CD "DELMAN FANTASY" (PT IMC Record)
1. Rame-Rame (C. Kayhatu/G/ Leiwakabessy)
2. She's Always A Woman (B. Joel)
3. Mission Impossible (L. Schriffin/)
4. Clouds (Jubing)
5. Capuccino Rumba (Jubing)
6. Sukiyaki (H. Nakamura)
7. Bubuy Bulan (B. Korda)
8. Delman Fantasy (Pak Kasur/Jubing)
9. Stairway to Heaven (J.Page/R. Plant)
10. Winter Games (D. Foster)
11. Sempurna (Stevie/Andra) - Feat: Christopher Abimanyu
12. OST "Kita Punya Bendera" (Jubing)
13. Indonesia Pusaka (I. Marzuki) - Feat: Christopher Abimanyu
14. Anak Kambing/Potong Bebek (Traditional Timor)
15. Nina Bobo (Anonymous)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com