The Most Iconic Hairstyles in Hollywood

Kompas.com - 26/06/2009, 13:11 WIB
Editor

KOMPAS.com - Farrah Fawcett hanya tampil satu musim di serial Charlie's Angels. Senyum dan rambut pirangnya yang jatuh bergelombang dengan indahnya jauh melejit dibandingkan serial bikinan produser Aaron Spelling tersebut. Poster bergambar Fawcett dengan swimsuit merahnya menjadi poster wajib di dinding kamar para cowok. Poster ini terjual hingga 12 juta lembar di seluruh dunia, membuatnya menjadi poster paling laku sepanjang sejarah!

"Aku menjadi begitu terkenal sebelum tanpa memiliki kepandaian apa pun," ujar Fawcett pada harian The New York Times pada 1986. "Aku nggak pernah belajar drama di sekolah. Aku dari jurusan seni. Tiba-tiba, ketika sedang syuting Charlie's Angels, aku mendapat begitu banyak surat penggemar. Aku enggak tahu apa sebabnya, dan aku pikir orang lain juga tidak."

Jose Eber, hairstylist yang menciptakan "Rambut Farrah Fawcett" (begitu perempuan-perempuan di seluruh dunia menyebutnya), mengatakan, Fawcett dianugerahi rambut paling indah yang bisa dimiliki seseorang. "Rambutnya memiliki kepribadiannya sendiri," ujar Eber. "Selama aku menata rambut para wanita, jarang sekali Anda melihat seseorang yang memiliki rambut begitu sempurna. Dan semua itu natural."

Namun Farrah Fawcett bukan satu-satunya aktris Hollywood yang rambutnya menjadi icon. Sesuai masanya, ada beberapa tokoh lain yang membuat para perempuan berbondong-bondong menuju salon untuk meniru model rambutnya.

Jennifer Aniston. "The Rachel Hair", begitu fans menyebut model rambut Rachel Green, yang muncul di serial Friends season kedua (1995). CNN bahkan pernah membuat laporan khusus mengenai rambut Rachel pada Agustus 1995. "Want Rachel's hair? Wait in line," begitu provokasinya. Model rambut pendek ber-layer ini konon masih populer di salon-salon hingga bertahun-tahun sesudahnya, meskipun Aniston sendiri sudah berkali-kali mengganti tatanan rambutnya. Hingga kini model rambut Aniston yang terlihat ringan, bergelombang, dan mudah penataannya, masih sering dibicarakan.

Victoria Beckham. Ini dia, The Queen of the Modern Bob. Rambut bob-nya punya banyak nama: disconnected bob, atau bob nungging, namun penata rambut di salon-salon di seluruh dunia pasti tahu apa yang diinginkan wanita-wanita yang memintanya. Model rambut ini memberikan banyak layer di bagian belakang, dengan bagian samping yang dibiarkan lebih panjang. Bob versi lainnya yang pendek di bagian kiri, dan panjang di sebelah kanan, juga menginspirasi banyak perempuan.

Demi Moore. Gara-gara film Ghost yang dibintanginya pada tahun 1990, para perempuan segera memotong pendek rambutnya. Sebenarnya rambutnya ini tidak membutuhkan teknik pemotongan khusus yang membuatnya istimewa. Wajah Demi yang terlihat jauh lebih muda dengan rambutnya itulah yang membuat para wanita menginginkannya. Coba, siapa yang tidak ikut membuat "Rambut Demi Moore" saat itu?

Nicole Richie. Dulu putri penyanyi Lionel Richie ini bergaya urakan, dengan rambut panjang yang ditata dan dicat sembarangan. Namun ia melakukan makeover pada keseluruhan penampilannya dengan bantuan stylist Rachel Zoe. Tak cuma bobot tubuhnya yang merosot drastis, rambutnya pun ditata dengan lebih classy. Rambutnya dibuat bob sebahu, dengan belahan di pinggir, menyibakkan poninya yang jatuh begitu sempurna.

Miley Cyrus. Sadarkah Anda berapa banyak gadis ABG yang memakai model rambut panjang ikal tak beraturan saat ini? Miley Cyrus adalah pencetusnya. Rambut seperti ini akan tampak cantik jika rambut pemiliknya tebal.

Gisele Bundchen. Rambut coklat gelapnya yang panjang, melambai-lambai dengan anggun saat ia melangkahkan kaki jenjangnya di catwalk. Rambut dengan "killer waves" ini menginspirasi banyak produk perawatan rambut dan menjadikan model yang kini tengah hamil ini sebagai dutanya.

Ada beberapa tokoh perempuan lain yang rambutnya juga menjadi icon di jamannya. Sebutlah Twiggy, Veronica Lake, Marilyn Monroe, Carly Simon dan Stevie Nicks, bahkan Pamela Anderson dengan bleach blonde-nya. Menurut Anda sendiri, yang manakah rambut yang paling layak menjadi icon?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.