Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser Kemerdekaan Ananda Sukarlan

Kompas.com - 11/08/2009, 03:38 WIB

 

Jakarta, Kompas - Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-64, Klub Bimasena akan menggelar Konser Kemerdekaan dan menampilkan pianis Ananda Sukarlan yang kini bermukim di Santader, Spanyol. Konser akan berlangsung di Hotel Dharmawangsa Jakarta, Kamis (13/8) malam.

”Tema Konser Kemerdekaan tahun ini adalah Tribute to A Multi-Cultural Nation in Harmony,” kata Direktur Eksekutif Klub Bimasena Michael Sumarijanto di Jakarta, Senin (10/8).

Klub Bimasena adalah komunitas masyarakat pertambangan dan energi. Klub ini telah menggelar Konser Kemerdekaan sejak tahun 1999. Pada konser kali ini, Ananda Sukarlan akan membawakan karya-karya komposer Indonesia dan dunia.

Pada bagian pertama, Ananda Sukarlan akan membawakan beberapa karya, seperti Variasi Sepasang Mata Bola karya Yazeed Djamin, lalu karya-karya Sergei Rachmaninov, Ludwig van Beethoven, dan karya dia sendiri.

Pada bagian kedua, ia akan menampilkan karya terbarunya: Libertas yang menggunakan puisi para pujangga Indonesia dan dunia.

Konser ini akan diperkuat oleh paduan suara Institut Teknologi Bandung yang telah beberapa kali menjuarai festival internasional di bawah kepemimpinan Indra Listiyanto, serta penyanyi bariton Joseph Kristianto Pantioso.

Sebagian dari hasil konser akan disumbangkan kepada Yayasan Seni Musik Sastra Indonesia yang didirikan Ananda Sukarlan, dibantu oleh Pia Alisyahbana, dan beberapa perusahaan yang mendukung. Yayasan ini menaungi sebuah komunitas anak-anak pedagang pasar yang kondisi ekonomi keluarganya sangat terbatas. Melalui yayasan ini, anak-anak tersebut difasilitasi agar dapat bermain musik.

”Ini merupakan salah satu mimpi saya karena saya sendiri juga berasal dari keluarga yang kurang mampu. Saya bersyukur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Fuad Hasan bersedia mencarikan beasiswa sehingga saya bisa melanjutkan pendidikan musik ke Eropa dan berkembang seperti sekarang,” kata Ananda Sukarlan. (LOK)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com