Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elton John Ingin Adopsi Bocah Ukraina

Kompas.com - 14/09/2009, 05:19 WIB

Elton John, bintang pop Inggris, berkunjung ke Ukraina dengan yayasan amal AIDS-nya. Yang lalu menjadi sorotan bukannya soal AIDS, melainkan karena tampaknya dia akan mengikuti jejak selebriti seperti Madonna dan Angelina Jolie. Sabtu lalu dia mengatakan ingin mengadopsi seorang bocah lelaki 14 bulan dari sebuah rumah yatim piatu di bagian timur negara itu.

Ukraina mempunyai tingkat peningkatan HIV paling cepat di Eropa. Dua tahun lalu, penyanyi itu menggelar sebuah konser gratis di alun-alun utama di Kiev yang dihadiri puluhan ribu orang untuk meningkatkan kesadaran mengenai HIV (human immunodeficiency virus) dan AIDS.

Yayasan AIDS Elton John bekerja sama dengan Yayasan Anti-AIDS Ukraina, lembaganya Olena Franchuk, putri mantan Presiden Leonid Kuchma. Salah satu acaranya adalah penyanyi berusia 62 tahun itu berkunjung ke sebuah rumah yatim piatu, yang sebagian anak-anak itu kehilangan orangtua mereka karena AIDS.

Elton John melantunkan lagu ”Circle of Life” untuk anak-anak itu. Elton John dan pasangan sejenisnya (ia gay), David Furnish, berkeliling rumah yatim piatu itu dan bertemu dengan seorang bocah laki-laki berusia 14 bulan bernama Lev.

David dan saya selalu membicarakan mengenai adopsi,” kata Elton John kepada wartawan.

”David selalu ingin mengadopsi seorang anak dan saya selalu mengatakan ’tidak’ karena saya berumur 62 tahun dan saya rasa karena saya sering bepergian dan karena kehidupan saya seperti ini, mungkin tidak akan adil bagi si anak,” kata penyanyi asal Inggris itu.

”Tapi setelah melihat Lev hari ini, saya ingin mengadopsi dia. Saya tidak tahu bagaimana kami akan melakukannya, tetapi dia telah mencuri hati saya. Dan dia telah mencuri hati David dan akan bagus sekali kalau kami mempunyai sebuah rumah. Saya mengubah pikiran saya hari ini,” kata Elton John.

Dia mengakui halangan birokratis bisa jadi akan membuat adopsi seorang anak Ukraina terganjal.

Bintang pop itu mengatakan, dia sebagian dimotivasi oleh meninggalnya salah seorang sahabatnya, pemain keyboard Guy Babylon, secara mendadak pekan lalu.

”Saya sedih sekali karena dia seorang genius dan masih begitu muda dan punya dua anak yang sangat menyenangkan,” kata Elton John. ”Tak ada kesempatan yang lebih baik untuk mengganti rasa kehilangan ini dengan seseorang yang bisa saya beri masa depan.”

Sir Elton John dan pasangannya, David Furnish, ”menikah” pada 22 Desember 2005 di Windsor Guildhall. Perkawinan Sir Elton sebelumnya dengan Renate Blaul dinyatakan dibatalkan. (AP/Reuters/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com