Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Luncurkan Avanza 1.3 Matik

Kompas.com - 17/11/2009, 15:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Anda yang belum kesampaian memiliki Toyota Avanza 1.5 matik karena kantong tidak mencukupi, PT Toyota Astra Motor atau TAM memberikan solusi. ATPM Toyota di Indonesia itu meluncurkan low multi purpose vehicle atau low MPV bertransmisi matik di Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/11). Harganya lebih murah dari varian 1.5 matik.

Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan menjelaskan, tumbuhnya permintaan produk matik membuat pihaknya merasa perlu memperluas segmentasi. Selain itu, tren permintaan mobil di dunia juga secara kencang mengarah ke matik.

"Kami coba memberikan produk terlengkap kepada pelanggan. Pertama, kami luncurkan tipe G matik, selanjutnya menyusul tipe E sebentar lagi. Pasti diberitahu kapan," ujar Johnny dalam peluncuran Avanza Tipe G Matik.

Disebutkan, total penjualan akumulatif Avanza selama Januari hingga Oktober 2010 mendatang mencapai 82.742 unit meningkat 22,7 persen dari periode yang sama tahun lalu (year on year) 67.413 unit. Prestasi ini berhasil diraih ketika pasar di segmen low MPV menyusut 22,2 persen dari 596.166 unit menjadi 390.879 unit.

"Varian ini dihadirkan sebagai alternatif kendaraan yang lebih nyaman di kelas mesin 1.3 L khususnya untuk lalu lintas perkotaan yang rentan macet," papar Johnny.

Avanza 1.3 Matik tipe G dibanderol Rp 156,55 juta, lebih mahal Rp 10 juta dari tipe transmisi manual. Begitu juga dengan tipe E Matik yang akan diperkenalkan kemudian, harga mobil ini juga lebih mahal Rp 10 juta dari model manual yang sekarang dihargai Rp 132,1 juta. Dengan varian baru ini, TAM menargetkan peningkatan penjualan. Namun, mereka tidak menyebut angka secara eksplisit.

"Penjualan pasti kita harapkan meningkat, tapi berapanya belum tahu. Pokoknya, persentase pengguna matik Avanza akan meningkat dari sekarang 10 persen menjadi 15 persen dari total penjualan," tutup Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com