Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Xenia 1.3 Matic Bersenjatakan "Value for Money"

Kompas.com - 18/11/2009, 21:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Selang satu hari setelah peluncuran saudara kembarnya, PT Astra Daihatsu Motor meluncurkan Xenia 1.300 cc transmisi matik di Taman Menteng, Jalan HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat, hari ini.

Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman MR mengatakan, kehadiran Xenia Matic sengaja diciptakan bersama Avanza untuk memperbesar pasar di segmen ini. Makin besarnya porsi permintaan mobil dengan transmisi matik, khususnya di kota-kota besar, membuat kedua merek ini kembali berkolaborasi untuk memenuhi permintaan pasar.

"Kendati sama, segmen kami tetap beda. Avanza tetap bermain pada segmen atas. Detail kedua produk memiliki perbedaan segmentasi pasar. Justru dengan hadirnya kedua produk ini, pasar akan lebih besar dan luas. Ini yang kita lakukan," ujar Sudirman di sela-sela peluncuran Xenia Xi A/T.

Xenia Matic memposisikan diri sebagai mobil keluarga dengan "senjata" utama "value for money". Daihatsu sendiri harus melakukan penelitian selama setahun sebelum akhirnya memutuskan untuk memproduksi varian terbaru ini. Pengembangan dilakukan dari Xi manual dengan mengusung transmisi matik langsung dari Jepang.

Salah satu perbedaan dari versi manual adalah konsumsi bahan bakarnya. Daihatsu mengklaim, Xenia 1.3 Xi Matic membutuhkan 10,2 km per liter, sedangkan manual 11 km per liter.

Chief Executive Officer PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Suparno Djasmin menambahkan, pada tahap awal peluncuran, target penjualan Xenia Matic 500 surat pemesanan kendaraan (SPK) setiap bulannya. "Ke depan, kami harap penjualan bisa stabil 250 hingga 300 unit per bulan," ungkap Suparno Djasmin.

Daihatsu Xenia Xi A/T versi standar dibanderol seharga Rp 139,7 juta on the road untuk Jakarta dan sekitarnya.

Paket aksesori
Untuk menstimulasi pasar, ADM juga menawarkan paket aksesori tambahan yang bisa diaplikasikan pada varian matik yang disebut Xenia Xi A/T Full Accessories. Paket tersebut dihargai Rp 5,9 juta sehingga harganya menjadi Rp 145,6 juta per unit.

Tembahan aksesori termasuk banyak. Pada eksterior ada velg alloy 14 inci, electric mirror, dan gril yang dikrom. Di interior, tambahannya adalah konsol boks, wood panel, dan jam digital.

"Kami tawarkan berbagai pilihan lengkap. Kalau mau yang standar, ada. Kalau mau yang agak mewah, tambahkan dana untuk aksesori," ucap Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com