Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stevie Wonder Jadi Duta Perdamaian PBB

Kompas.com - 02/12/2009, 22:18 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com--Penyanyi dan pencipta lagu legendaris asal Amerika Serikat Stevie Wonder ditunjuk sebagai Duta Perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang akan bertugas terutama mendukung upaya PBB dalam memberdayakan potensi orang-orang cacat di berbagai belahan dunia.

Pelantun tembang-tembang terkenal seperti "I Just Called to Say I Love You", "Lately" dan "We Are the World" itu dianggap PBB sebagai figur yang sangat inspiratif.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dalam jumpa pers di New York, Selasa, mengaku kagum akan kehebatan sosok Stevie, yang walaupun buta sejak lahir, telah begitu banyak memberikan kontribusi kepada dunia.

"Duta Perdamaian kita yang paling baru ini adalah seseorang yang dikagumi oleh jutaan orang dan telah memberikan kontribusi kepada jutaan manusia," kata Ban Ki-moon ketika mengumumkan penunjukan Stevie untuk menduduki jabatan prestisius itu.

Selain Stevie, PBB telah mendaulat 10 tokoh dunia lainnya untuk menjalankan tugas sebagai Duta Perdamaian PBB untuk mengangkat berbagai masalah yang dihadapi masyarakat dunia.

Kesepuluh duta itu merupakan sosok yang telah dikenal secara luas oleh publik dunia melalui berbagai kiprahnya.

Mereka adalah aktor George Clooney (untuk masalah perdamaian); aktris Charlize Theron (penghapusan kekerasan terhadap perempuan); aktor Michael Douglas (perlucutan senjata); penulis Paulo Coelho (kemiskinan dan dialog antar-budaya); konduktor Daniel Barenboim (perdamaian dan toleransi); pemain selo Yo-Yo Ma (pemuda); pemain biola Midori Goto (MDGs dan pemuda), peraih Nobel Perdamaian Elie Wiesel (perlindungan hak asasi manusia); puteri raja Yordania Haya Bint al Hussein (MDGs dan kelaparan); serta ahli simpanse Jane Goodall (perlindungan alam dan masalah-masalah lingkungan).

Sekjen PBB mencatat bahwa Stevie Wonder telah secara konsisten memanfaatkan suara indahnya serta hubungan spesial yang dijalinnya dengan publik untuk menciptakan dunia yang lebih baik --di mana hak-hak manusia dan sipil dihormati-- serta meningkatkan taraf hidup orang-orang yang kurang beruntung.

"Stevie Wonder benar-benar memberikan inspirasi kepada anak-anak muda di seluruh dunia dalam upaya melakukan berbagai pencapaian kendati memiliki keterbatasan fisik," ujar Ban Ki-moon.

PBB juga mencatat betapa Stevie sangat aktif dalam mendukung kegiatan kemanusiaan di AS dan dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com