Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sang Pemimpi Catat Rekor

Kompas.com - 04/01/2010, 22:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS. com -- Film "Sang Pemimpi" berhasil mencatat rekor. Pada pemutaran sesi perdananya, film garapan sutradara Riri Riza itu, berhasil menyedot penonton hingga 130 ribu orang.  Jumlah tersebut, diakui Mira Lesmana, produser film "Sang Pemimpi", tergolong sangat tinggi. 

"Iya, jumlah segitu besar banget," ujar Mira Lesmana ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (4/1/2009).

Melengkapi prestasinya, film sekuel "Laskar Pelangi" juga telah menembus angka 1,8 juta penonton selama dirilis sejak 17 Desember lalu. "Target saya sebenarnya hanya 2 juta penonton, yang penting balik modal," ujar Mira.

Dikatakan Mira, konsep pemutaran "Sang Pemimpi" direncanakan akan mengikuti pola yang dilakukan pada saat pemutaran "Laskar Pelangi", yakni secara gratis di daerah-daerah terpencil. "Kita masih keliling ke berbagai kota untuk nonton bareng dengan layar tancap di Belitong karena enggak ada bioskop di sana. Kita masih akan terus keliling lagi ke 34 titik yang enggak ada bioskopnya," terang Mira.

Sejauh ini, film yang di antaranya dibintangi "Lukman Sardi" dan Ariel "Peterpan" telah diputar di Dubai, Hongkong, dan Australia. "Antusias penonton yang masuk ke twitter dan facebook aku luar biasa, rata-rata mereka menonton empat sampai lima kali. Ada yang bilang terinspirasi jadi tambah semangat yang tadinya sudah malas untuk bercita-cita dan banyak yang bilang bahwa mengingatkan kembali betapa besar peran ayah untuk hidup, terutama kepada ayahnya yang sudah tidak ada. Beberapa guru bilang bahwa cara mengajar bapak Balia sangat menginspirasi mereka. Responnya sangat positif," tuturnya.

Lebih jauh Mira menilai kesuksesan yang berhasil diraih "Laskar Pelangi" dengan "Sang Pemimpi" agak sedikit berbeda.  "'Laskar Pelangi" dulu diputar zaman kampanye. Sekarang saya mulai berpikir apakah mereka menonton karena kampanye?" ujarnya. (C9-09)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com