Roy Suryo: Foto Ayu Oktasari Sebagian Besar Rekayasa

Kompas.com - 07/01/2010, 13:08 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Beredarnya foto bugil Ayu Oktasari, pemenang program acara reality show Take Me Out Indonesia di dunia maya rupanya ikut mengundang rasa penasaran pakar telematika Roy Suryo. Menurut Roy, berdasarkan pengamatan sekilasnya, sebagian besar foto bugil tersebut adalah rekayasa.

"Itu ada 16-17 foto, tapi saya belum memeriksa seluruh meta data dari foto-foto tersebut," ucap Roy saat dihubungi melalui telepon genggamnya di Jakarta, Kamis (7/1/2010).

Dari pengamatan sementaranya itu, Roy menyimpulkan bahwa rekayasa foto tampak dari ketidak-proporsionalan foto tersebut. "Hampir sebagian besar tampak jelas kena rekayasa, seperti skin tone terkena rekayasa," ungkap Roy. "Seperti yang duduk menyamping itu tidak proporsional, antara bahu, leher, dan kepala. Dan itu juga bukan badannya Ayu," tekannya.

Lanjut Roy, foto yang diduga sengaja dibuat di dalam studio itu dapat dengan mudah diteliti. "Buat yang sudah bisa mengolah foto, coba silakan cek dari sisi-sisi yang lain. Artinya diklarifikasi itu fotonya, saya sih belum 100 persen semuanya ngecek," ujarnya.

Namun, satu hal yang menjadi fokus Roy di antara sekian banyak foto syur Ayu adalah, foto nude Ayu dengan kemeja putih kemungkinan asli. "Kecuali yang baju kemeja putih dan bikini itu. Dilihat detail, tidak mungkin direkayasa," imbuhnya. 

Meski demikian, Roy hingga saat ini tak mau ikut campur lebih jauh. Pasalnya, Roy menilai masalah foto syur tersebut merupakan hal yang personal. "Tapi ini sudah terlanjur tersebar, dan ini kan persoalan pribadi. Saya menghormati personal, menurut saya sudah jangan diperpanjang," pungkas Roy. (C7-09)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.