Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Contemporary Ceramic Biennale Hadir Di Ancol

Kompas.com - 10/01/2010, 15:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta Contemporary Ceramic Biennale (JCCB), ajang unjuk karya dari sejumlah seniman keramik lokal dan internasional, digelar di Outbondholic, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2010) ini. Dalam JCCB ini, sejumlah artist keramik dari Indonesia dan beberapa negara sahabat, seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan Belanda memamerkan keramik-keramik indah buatan mereka.

Untuk Indonesia sendiri, beberapa artist keramik dari sejumlah daerah turut ambil bagian dalam pameran ini, antara lain Kurniawaty Gautama (Jakarta), Handiwirman Saputra (Yogyakarta), dan Desziana Machmud (Bandung). Dibandingkan dengan peserta pameran dari negara lain, jumlah artist perwakilan Indonesia yang turut unjuk karya dalam pameran tersebut adalah yang terbanyak.

Sebenarnya, hari ini bukan hari pertama hadirnya JCCB di Jakarta. JCCB sendiri sudah digelar sejak 19 Desember 2009 lalu, dan masih akan berlangsung hingga 20 Januari 2010 nanti. Meskipun sudah berlangsung hampir 1 bulan, hingga hari ini acara tersebut masih ramai dikunjungi orang.

Sejumlah pengunjung yang rata-rata peminat dan pecinta seni keramik tampak masih antusias berdatangan ke pameran itu. Bahkan, beberapa di antaranya adalah wisatawan asing. Namun, banyak juga di antara para pengunjung tersebut adalah keluarga-keluarga yang sengaja datang karena ingin melewatkan libur akhir pekan dengan cara berbeda.

Seperti yang diakui oleh Rahman, salah seorang pengunjung JCCB. Akhir pekan ini Rahman dan istri sengaja mengajak anak-anaknya ke pameran tersebut agar mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda dan lebih edukatif. "Ya, saya sengaja datang liburan ini bawa anak-anak untuk melihat pameran ini supaya anak-anak bisa tahu dan belajar seni-lah. Apalagi seni keramik kan, jarang-jarang, jadi menarik. Selama ini kan liburan senang-senang saja. Yah, sekarang cari yang berbeda dan mendidik buat anak-anak lah," ujar bapak dua anak itu saat diwawancarai Kompas.com di Outbondholic, Ancol, Minggu (10/1/2010).

Sementara itu, selain pameran beragam karya seni keramik instalasi, dalam JCCB juga diadakan sesi khusus presentasi dan sharing langsung dari para artist pembuat keramik kepada pengunjung mengenai proses sekaligus pengalaman mereka selama pembuatan karya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com