Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narapidana Dipindah Demi Film Mel Gibson

Kompas.com - 11/01/2010, 11:50 WIB

XALAPA, MEKSIKO, KOMPAS.com -- Pihak berwenang di Meksiko telah memindahkan 214 narapidana dari sebuah penjara di negara bagian Veracruz untuk melancarkan pembuatan sebuah film yang disutradarai oleh Mel Gibson, walaupun diprotes oleh para kerabat dari narapidana itu.

Kepala penjara Ignacio Allende itu, Victor Gerardo Hernandez, mengatakan pada Sabtu lalu (9/1/2010) bahwa 1.100 narapidana mendekam di sana, namun tidak mengesampingkan kemungkinan memindahkan narapidana lain lagi ke penjara Villa Aldama, yang berjarak 50 kilometer dari penjara Ignacio Allende.

Pemindahan pada Sabtu itu menghabiskan waktu lima jam. Tentara-tentara disebar untuk menjauhkan para kerabat dari narapidana itu, yang berkelahi dengan polisi beberapa hari sebelumnya sesudah mengetahui pemindahan tersebut. Ratusan anggota keluarga narapidana itu memprotes langkah tersebut.

Awal Desember 2009, Gubernur Veracruz, Fidel Herrera Beltran, mengumumkan bahwa Gibson berencana memfilmkan beberapa gambar dari film layar lebarnya yang baru di Veracruz, termasuk di penjara Ignacio Allende, sebuah lokasi yang dijajakinya pada April 2009.

Gibson sebelum ini telah menyutradarai film-film "Braveheart" dan "The Passion of the Christ". Pada 2006 ia melakukan shooting filmnya yang lain, "Apocalypto", di Meksiko bagian timur. Film tersebut menuai kontroversi di Meksiko sehubungan dengan beberapa gambar berdarah dan dikritik karena memudarkan arti penting peradaban Maya.

Gibson telah mengunjungi penjara Ignacio Allende dan ia menyumbang satu juta dollar AS untuk para korban badai di wilayah Teluk Meksiko pada 2005. Di penjara-penjara Meksiko yang penuh kerap terjadi keributan. (AFP/ATI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com