Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Glenn Fredly Undur Diri dari Dunia Nyanyi

Kompas.com - 13/01/2010, 19:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah 15 tahun berkarier sebagai penyanyi dalam industri musik Indonesia, Glenn Fredly mengaku sudah berada pada satu titik untuk berpamitan dari dunia tarik suara yang sudah membesarkan namanya sejak 1995. 

"Saya harus mengakhiri ini (karier sebagai vokalis) setelah 15 tahun. It's about time saja," ucap Glenn ketika menggelar jumpa pers di MO Bar, Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Rabu (13/1/2010). 

Mantan suami penyanyi pop Dewi Sandra ini mengungkapkan bahwa tidak mudah menjalani karier selama 15 tahun. "Perjalanan 15 tahun itu tidak mudah untuk sampai seperti sekarang ini. Gue sangat bersyukur mendapat kesempatan berkarier selama ini. Jadi, gue rasa semuanya sudah cukup. Thank God," kata lelaki kelahiran Ambon (Maluku), 30 September 1975 ini. 

Karena itulah, lanjutnya, ia akan undur diri dari dunia tarik suara. "Saya akan meninggalkan as a Glenn Fredly, tapi musiknya enggak saya tinggalkan. Saya rasa ini satu momentum untuk memulai hidup yang baru," ujar sang pencipta lagu. 

Vokalis yang mulai dikenal dengan hit "Cukup Sudah" ini mengaku sadar bahwa niatnya itu kontroversial. "Mungkin kontroversial, tapi tidak menurut saya. Ini proses hidup yang baru," tekannya. Sambungnya, keputusan tersebut datang dari hati. "Enggak ada yang gimana-gimana, tapi yang jelas semuanya datang dari hati dan dengan senang. Kalau lo mengerjakan segala sesuatunya dengan hati, maka akan terasa menyenangkan," ujarnya lagi.

Namun, akunya pula, itu merupakan keputusan yang sulit untuk diambil. "Keputusan itu saya ambil setelah perjalanan musik 15 tahun. Saya akan berhenti sejenak, lalu saya akan tur (di Indonesia), dan akan berhenti sebagai Glenn Ferdly. Ini tidak mudah, biar waktu yang jawab," ucapnya lagi. 

Sebelum menjalani tur perpisahan dengan para penggemar di Indonesia, Glenn pada September 1975 ini akan tampil dalam konser "Live in Singapore"-nya di Esplanade Theatre, 6 Februari 2010. Di sana ia akan sekaligus mengenalkan Lovevolution, album terakhirnya sebagai vokalis.

Berhenti menyanyi, ungkap Glenn, ia akan mengevaluasi diri dan menyusun rencana untuk karier selanjutnya. "Dengan jeda ini akan menstimulasi passion ke depan, karena musik enggak hanya dapat fans, dapat duit. Yang bisa memberhentikan lo, only God, dan hanya lo yang tahu kapan lo bisa berhenti. Sangat bijak kalau dalam industri ini akan berhenti sejenak dan entah kapan kembali lagi. Entah...," pungkasnya. (C7-09)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com