Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milli Vanilli, Kisah Tak Sedap Grammys

Kompas.com - 28/01/2010, 14:45 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Pada 1989, duo Milli Vanilli dari Jerman, yang terdiri dari Rob Pilatus dan Fabrice Morvan, menjadi artis-artis musik pertama yang harus menanggalkan gelar dari Grammy Awards, yaitu Best New Artist.

Penyebabnya, terungkap bahwa bukan Pilatus dan Morvan-lah yang menyanyi dalam album berjudul All or Nothing, melainkan artis-artis musik lain, yaitu Charles Shaw (rapper) serta Johnny Davis dan Brad Howell (vokalis). Album itu sebelumnya diakui sebagai album perdana duo Milli Vanilli. Otak proyek tersebut adalah produser musik Jerman Frank Farian. Ia memajang Pilatus dan Morvan sebagai duo palsu, yang sebetulnya berprofesi sebagai model dan penari, karena tampilan fisik Shaw, Davis, dan Howell dianggap tak menjual dalam industri musik.            

Album All or Nothing berisi antara lain lagu-lagu populer "Girl You Know It's True", "Baby Don't Forget My Number", "Girl I'm Gonna Miss You", "Blame it on the Rain", dan "All or Nothing". Di panggung, Pilatus dan Morvan tak pernah betul-betul menyanyikan lagu-lagu dari album tersebut. Mereka hanya melakukan lipsync. (halife.com/allmusic.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com