Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luna Maya: Asal Jangan Kawin Kontrak...

Kompas.com - 17/02/2010, 13:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pro dan kontra terkait rancangan undang-undang pengadilan agama, yang salah satu pasalnya memidanakan pelaku nikah siri (tanpa legalitas), terus menghangat. Presenter, model, dan bintang iklan Luna Maya tak luput ikut memberikan komentar. Apa tanggapan Luna soal nikah siri?

Begini katanya, "Menikah siri masih lebih baik daripada kawin kontrak." Oh ya?
"Kalau orang mau cerai enggak mau ribet dengan pengadilan, ya silakan nikah siri," ujar Luna saat ditemui seusai memandu acara musik Dahsyat di Jakarta Barat, Rabu (17/2/2010).

Namun, Luna menekankan apabila seseorang memilih untuk nikah siri, dia sudah harus bertanggung jawab dengan pilihannya. "Orang yang berani nikah siri harus memiliki tanggung jawab kepada dirinya, kepada orang banyak, dan kepada Yang Di Atas," ujar kekasih Ariel "Peterpan" tersebut.

Jadi? "Kalau orang mau nikah siri, silakan saja. Kembalikan lagi kepada masing-masing. Apa pun akibatnya, mereka harus siap menanggung akibatnya" tandas Luna.

Tak secara tegas memang Luna menyatakan sikapnya terkait masalah tersebut. Namun, Luna menganggap nikah siri adalah sesuatu yang biasa-biasa saja. Ia justru mengkhawatirkan fenomena kawin kontrak. "Aku malah enggak setuju dengan namanya kawin kontrak," tekan Luna.

Menurutnya, kawin kontrak tak ubahnya memperjualbelikan perempuan. "Kalau kawin kontrak saya enggak setuju karena (perempuan) terkesan seperti diperjualbelikan. Saya sangat tidak setuju," ungkap Luna. "Kasihan bagi pihak perempuannya," tambahnya.

Menanggapi fenomena itu, bintang film Jakarta Undercover ini mengaku sangat prihatin. "Kalau untuk alasan kebutuhan biologis dan materi, aku sangat tidak setuju. Aku sebagai perempuan prihatin," kata Luna lagi.

Luna berharap, siapa pun itu haruslah berpikir matang-matang untuk melakukan hal tersebut. "Aku sih saran kepada yang mau nikah, banyak yang harus diperhatikan, tidak hanya urusan pribadi. Kan masih ada keluarga dan masyarakat sekitar tempat tinggal kita," harap Luna.

Nah, kamu sendiri dengan Ariel bagaimana? "Kalau saya nikah maunya yang resmi, yang sah," jawabnya manja. (C7-09)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com