Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Dihukum, Cole Ancam Chelsea

Kompas.com - 23/02/2010, 20:16 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Media-media Inggris meyakini, bek Chelsea, Ashley Cole mengancam angkat kaki dari Stamford Bridge, bila klub jadi menjatuhkan sanksi kepadanya, menyusul terungkapnya skandal seks dan pelanggaran disiplin klub olehnya. Bila sampai begitu, Real Madrid, Barcelona, dan Inter Milan disebut siap menampung Cole.

Sebelum Cole, Chelsea diguncang oleh skandal perselingkuhan kapten John Terry dan model pakaian dalam, Vanessa Perroncel. Namun, karena tak ada pelanggaran aturan, Terry bebas dari sanksi.

Berbeda dari itu, dalam beberapa kesempatan, Cole membawa wanita ke kamar hotel, tempat tim menginap. Padahal, klub melarang pemain membawa tamu ke kamar hotel tim.

Dosa Cole bertambah karena ia juga "bersekongkol" dengan pejabat klub untuk menutupi aibnya. Ini terjadi ketika ia meminta Kepala Hubungan Masyarakat Chelsea, Steve Atkins untuk tutup mulut, ketika mengetahui Cole membawa perempuan ke hotel, saat Chelsea melakukan tur ke Amerika Serikat, tahun lalu.

Badai skandal ini memicu kemarahan pemilik Chelsea, Roman Abramovic. Menurutnya, entah berdampak kepada performa atau tidak, perilaku Terry dan Cole merusak citra Chelsea. Ia kemudian mengultimatum semua pemain untuk menjaga kelakuan mereka di luar lapangan, bila tak mau kena sanksi.

Direksi menanggapi sikap Abramovic dengan memanggil Cole, untuk membicarakan bentuk sanksi dan masa depannya di Stamford Bridge. Menurut Soccernet, Chelsea akan menjatuhkan sanksi denda sebesar 200.000-400.000 poundsterling atau sekitar Rp 2,8 miliar-5-6 miliar.

Masih menurut Soccernet, ketegasan klub membuat Cole tertekan. Ia merasa menjadi korban kebijakan disiplin baru klub. Cole bahkan disebut siap melawan, sekalipun itu berarti hengkang.

Terlepas dari perilaku pribadi, Cole masih diakui sebagai salah satu bek kiri terbaik dunia. Barcelona, Madrid, dan Inter kemudian disebut sedang menyiapkan pendekatan membeli Cole.

Untuk itu, kedua klub itu menyiapkan anggaran sebesar 25 juta poundsterling atau sekitar Rp 358 miliar dan menawarkan gaji 150.000 poundsterling atau sekitar Rp 2,1 miliar per pekan.

Sementara itu, The Sun mengklaim, selain karena ancaman sanksi klub, Cole juga tertekan karena istrinya, Cheryl mengetahui pengkhianatan Cole dan meminta cerai. Kedua faktor ini membuat Cole mempertimbangkan bermain di luar Inggris, dengan Spanyol dan Italia sebagai sasaran utama.

"Ashley mengalami masa sangat sulit saat ini. Bila ia dan Cheryl bercerai, apakah ia akan punya alasan untuk tetap tinggal di negeri ini?" kata seseorang yang dekat dengan Cole dan Chelsea kepada The Sun. (SCN/SUN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com