Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tompi: Yang Enak Kadang Jorok

Kompas.com - 01/03/2010, 13:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kanker, yang masih merupakan salah satu penyakit pembunuh terbesar di Indonesia, mendatangkan kekhawatiran bagi Tompi (31), penyanyi yang juga. Pola hidup yang tak sehat, kata Tompi, menjadi salah satu penyebab penyakit tersebut.

"Seharusnya kita jadi lebih care. Tapi, kenyataannya, kita sulit mengatakan tidak untuk makanan yang enak-enak. Tapi, makanan enak kadang jorok sedikit," ucap pemilik nama asli Teuku Adifitrian ini. 

Lelaki kelahiran Lhokseumawe, Aceh, ini mengaku sudah mulai menerapkan pola hidup sehat dalam keluarganya, termasuk soal hidangan di rumah. "Istri gue lebih care. Sekarang, di rumah gue kalau masak enggak pakai penyedap. Jadi, kembali ke ala tradisional dulu," tuturnya dalam sebuah acara tentang kepedulian terhadap perempuan dan penderita kanker, Minggu (28/2/2010) malam di Jakarta. 

Penyakit kanker serviks, yang menyerang kaum perempuan, menurut Tompi juga disebabkan oleh hubungan seks pranikah dalam pergaulan bebas ketika remaja. "Kanker itu kadang disebabkan aktivitas seksual dan, yang menjadi masalahnya, sekarang itu karena banyak anak muda yang sudah melakukan aktivitas seksual," tuturnya lagi. "Karena kanker enggak datang tiba-tiba, jadi kalau ada gejala sedikit cepat diperiksa," pesannya. (C9-09)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com