Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keanggunan Wanita di Mata Ivan Gunawan

Kompas.com - 04/03/2010, 11:47 WIB

KOMPAS.com - Lima tahun membuka butik dan menuruti apa kata permintaan pembeli, Ivan Gunawan akhirnya merasa cukup percaya diri untuk membuka lini ready to wear. Koleksi ready to wear berarti para pembeli cukup datang dan melihat pakaian jadi hasil rancangannya, sehingga tak perlu lagi menunggu berhari-hari hingga pakaiannya jadi sesuai pesanan. Ivan percaya, pengalamannya sudah cukup membuat koleksinya akan diminati pasaran.

Bertempat di Cascade Lounge Hotel Mulia, Senayan, Ivan Gunawan memperkenalkan lini keduanya (second line) busana rancangannya. Jika selama ini pembeli yang ingin mendapatkan koleksi Ivan harus menunggu sekian waktu untuk dibuatkan rancangan serta pembuatan, sekarang tinggal datang ke butik Ivan untuk langsung melihat busana siap pakainya.

Lini kedua yang diberi nama IG Ivan Gunawan ini, sang desainer mengeluarkan koleksi pakaian wanita bergaya koktail dan gaun malam yang berkesan anggun namun tidak meninggalkan kesan seksi. Mengenai rancangannya, Ivan mengakui bahwa ia tidak terlalu memusingkan konsep, tapi ia berpatokan bahwa gaya yang ia ingin tampilkan adalah keanggunan seorang wanita.

Di peragaannya, ia mempertunjukkan sekitar 30-an baju yang terbagi dalam 4 sequence. Pada saat wawancara, Ivan mengatakan rancangannya tidak mau berpatok pada musim seperti umumnya desainer luar negeri. Ia memang merancang pakaian untuk wanita Jakarta, yang cuacanya hanya dua, kalau tidak panas, ya hujan. Dalam mendesain koleksi-koleksinya ini, Ivan mendesainnya langsung di patung, dan banyak menggunakan draping, lipatan-lipatan, serta ornamen kecil sebagai detail.

Pakaian-pakaian yang ditampilkan pada acara peragaan tersebut banyak menggunakan warna-warna gelap yang netral dan "aman", tapi berkesan glamor. Sementara untuk desain, Ivan terlihat ingin menonjolkan lekuk tubuh wanita dengan koleksi yang pas dan memeluk tubuh. Banyak kali terlihat ia menggunakan detail tumpuk pada bagian lengan dan ruffle di bagian tengah tubuh. Tak terlalu banyak orname meriah yang seperti biasa kita temui di rancangan Ivan Gunawan biasanya. Dalam peragaan ini, Ivan mendapuk 5 selebritis untuk ikut memeragakan koleksinya, yakni; Dewi Sandra, Titi Dj, Desy Ratnasari, Olla Ramlan, dan Larasati.

Di keempat babak peragaan busana, ia ingin memenuhi kebutuhan karakter wanita yang sering ia temui. "Karakter wanita kan beda-beda, ya. Ada yang tegas, ada yang feminin, ada yang senang warna-warna aman, ada yang suka warna pastel. Karena itu, desain saya yang mengikut selera pasar yang saya tahu," terang Ivan yang mengatakan koleksinya sudah bisa dilihat di butik Gaya The Designer's Corner, Plaza Indonesia, Jakarta mulai Jumat ini.

Setiap baju yang ia keluarkan hanya ada 1 tipe, yang mungkin terjadi adalah, model yang sama, tapi berbeda detail. Menurutnya, pasar yang ia tuju umumnya dari kalangan yang sama, sehingga tak tertutup kemungkinan mereka bisa bertemu di acara yang sama dengan pakaian yang serupa. Ivan berusaha agar itu tidak terjadi, karenanya ia hanya mencipta satu rancangan hanya satu. Sementara untuk ukuran, ia mengakui hanya ada 1 ukuran, yakni ukuran M (medium), namun jika pembelinya ingin ukuran berbeda, bisa dilakukan penyesuaian.

Untuk koleksi pakaiannya, Ivan mematok kisaran harga mulai dari Rp 3-7 juta dan akan diperbarui setiap dua minggu sekali. Menurutnya, dengan rentang harga tersebut sudah disesuaikan dengan apa karya rancangannya. Dari segi cutting, material, detail, dan rancangan yang eksklusif. "Saya ingin menjaga agar koleksi ini tetap mewah, asik, tapi tetap terjangkau bagi pasar yang saya tuju," tutup Ivan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com