Ketika Pria Turun ke Dapur

Kompas.com - 12/03/2010, 11:37 WIB
Editordin

KOMPAS.com — Memasak memang bukan keahlian yang hanya dimiliki perempuan. Banyak pria yang juga pandai memasak (buktinya, chef terkenal kebanyakan pria!). Banyak pula pria-pria yang senang memasak atau setidaknya tak sungkan turun ke dapur untuk memasak sendiri makanannya. Contohnya Candil (mantan vokalis Seurius) dan Irfan Hakim.

Irfan, yang sejak lulus kuliah sudah bermigrasi ke Jakarta, harus menjalani hidup sebagai anak kos bertahun-tahun. Kondisi ini mengharuskan ia mandiri dan berhemat soal keuangan. Tak terkecuali dengan memasak sendiri.

"Mau tidak mau saya harus bisa masak yang simpel, misalnya nasi goreng,'' ujarnya kepada Kompas Female di sela-sela talkshow "Masakan Ibu-Cinta, Kreasi, dan Apresiasi" yang digelar oleh Royco di Plaza Bapindo, Kamis (11/3/2010).

Berbagai jenis nasi goreng sudah ia coba, dari nasi goreng nanas hingga nasi goreng keju. Bahan apa pun yang ia masukkan ke dalam nasi goreng tersebut, menurut Irfan, rasanya pasti enak. "Sebab porsinya besar,'' ujar pria asal Bandung ini seraya tertawa.

Menurut Irfan, sejak kecil ia sudah akrab dengan dunia memasak. Ia sering kebagian tugas berbelanja ke pasar atau sekadar membeli bumbu masak di warung. Ia juga sering ikutan memasak.  

Nasi goreng juga menjadi menu makan andalan Candil, yang populer lewat lagu "Rocker Juga Manusia" ini. Maklum, nasi goreng adalah makanan favoritnya. Jadi, kalau bisa memasak nasi goreng sendiri tentu hidupnya tak akan susah. Sayangnya, usahanya menikmati nasi goreng selalu gagal karena masakan buatannya tidak enak.

''Saya sering bertanya bumbu-bumbu nasi goreng dengan tukang nasi goreng langganan,'' aku pria berambut keriting ini. ''Tapi saya masih bingung, rasanya ada bumbu yang kurang. Padahal bumbunya sudah sama seperti yang dibilang penjualnya, lho.''

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hm... ada yang mau mengajari Candil memasak nasi goreng?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.