Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menari Bisa Membakar hingga 800 Kalori

Kompas.com - 17/03/2010, 10:54 WIB

KOMPAS.com — Latihan kardio bisa beragam bentuknya karena prinsipnya adalah latihan kebugaran yang meningkatkan kerja jantung dan berdampak langsung pada pembakaran kalori. Jika pilihan olahraga Anda adalah joging, aerobik, fitness, atau apa pun pelayanan yang disediakan di berbagai pusat kebugaran dan sudah terasa umum, maka cobalah dengan menari.

Menari hip hop selama satu jam dikatakan bisa membakar 600 hingga 800 kalori. Tentu saja tak sekadar bergerak mengikuti irama musik dan berkeringat karenanya. Gerakan tari modern seperti hip hop perlu dilakukan dengan teknik menari yang benar.

"Dengan menari, badan bisa fit sekaligus have fun. Bentuk tari modern bisa beragam, seperti hip hop atau bodylicious ala Beyonce. Dengan melakukannya selama satu jam, menari bisa membakar hingga 800 kalori," papar Adhisty Juliani Kampono, pendiri United Dance Work (UDW), wadah penari profesional dengan konsep modern yang mengombinasikan nilai tradisi.

UDW baru saja meresmikan wadah bagi penggemar tari modern, UDW Dance Complex, yang memiliki program Open Class. Penggemar tari atau Anda yang mencari bentuk olahraga baru yang menyenangkan difasilitasi di sini.

Adhis juga melihat menari sebagai rekreasi pikiran. Aktivitas yang kaya gerakan ini membutuhkan fokus dan konsentrasi pada teknik dan gerakan. Dengan berlatih secara reguler, menari bisa mengasah otak kanan dan membuat ingatan lebih tajam.

Nilai positif lain dari menari adalah badan lebih lentur dan postur tubuh jadi proporsional. Lihat saja postur tubuh penari profesional. Bikin iri, bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com