Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surau dan Padepokan KH Ahmad Dahlan Direnovasi

Kompas.com - 20/03/2010, 04:28 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com--Surau dan padepokan pendiri organisasi massa Islam Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan akan direnovasi dengan dana bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta.

"Pemkot Yogyakarta menyiapkan dana sebesar Rp524 juta untuk renovasi surau dan padepokan tersebut yang dianggarkan dalam APBD Kota Yogyakarta 2010 ," kata Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto disela-sela upacara renovasi Surau KH Ahmad Dahlan di Kauman Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, renovasi kedua bangunan tersebut memiliki nilai penting dalam sejarah, karena dari bangunan tersebut KH Ahmad Dahlan membangun sebuah organisasi massa yang akhirnya berkembang besar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah.

Kota Yogyakarta, kata dia, tidak dapat dipisahkan dari Muhammadiyah, karena organisasi tersebut lahir dan besar di kota tersebut.

"Dalam renovasi tersebut, yang penting diperhatikan adalah isi bangunannya sehingga tidak mengurangi nilai sejarah yang ada," katanya.

Ia juga berharap, setelah surau dan padepokan tersebut direnovasi, maka kedua bangunan tersebut dapat masuk dalam bangunan cagar budaya di Kota Yogyakarta.

Surau yang akan direnovasi tersebut terletak di tengah-tengah Kampung Kauman yaitu berada tepat di samping rumah KH Ahmad Dahlan, sedangkan padepokan yang akan direnovasi terletak di Kampung Pingit.

Pada kesempatan itu Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsudin menyatakan, meskipun surau tersebut terlihat sederhana namun memiliki makna yang tidak terhingga karena dari tempat tersebut Muhammadiyah menjadi organisasi yang sangat besar, tidak hanya dikenal secara nasional tetapi juga secara global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com